Meitawati, Verry (2009) Problematika pembelajaran kewirausahaan secara moving class terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 Penjualan 1 SMK Negeri 1 Tulungagung (studi kasus pada siswa kelas 3 Penjualan 1 di SMK Negeri 1 Tulungagung tahun pelajaran 2008/2009) / Verry Meitawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Meitawati Verry.2008. Problematika Pembelajaran Kewirausahaan secara moving class terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 penjualan 1 SMK Negeri 1 Tulungagung. Skripsi Jurusan Manajemen Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Mulyoso S.E. M.Si (2) Rachmad Hidayat S.Pd Kata kunci Pembelajaran kewirausahaan moving class. Pendidikan mempunyai peran penting dalam upaya mencapai kesejahteraan dan kemakmuran bangsa Indonesia. Berbagai bentuk pembaharuan telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan diantaranya adalah pembelajaran menggunakan sistem moving class. Sistem moving class memungkinkan terjadinya suasana belajar yang nyaman dan kondusif fasilitas belajar yang memadai kesiapan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran serta guru menemukan kreasi dan inovasi pengelolaan kelas untuk menunjang proses belajar mengajar yang lebih efektif. Permasalahan pendidikan ini adalah (1) bagaimana pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan secara moving class terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 penjualan di SMK Negeri 1 Tulungagung (2) apa saja problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran kewirausahaan secara moving class terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 program keahlian penjualan (3) apa saja problematika yang dihadapi siswa dalam pembelajaran kewirausahaan secara moving class terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 program keahlian penjualan (4) apa saja solusi yang digunakan untuk mengatasi problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran kewirausahaan secara moving class terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 program keahlian penjualan Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan secara moving class terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 penjualan 1 di SMK Negeri 1 Tulungagung (2) mendeskripsikan problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran kewirausahaan secara moving class terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 penjualan 1 di SMK Negeri 1 Tulungagung. (3) mendeskripsikan problematika yang dihadapi siswa dalam pembelajaran kewirausahaan secara moving class terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 penjualan 1 di SMK Negeri 1 Tulungagung (4) mendeskripsikan solusi yang digunakan untuk mengatasi problematika pembelajaran kewirausahaan secara moving class terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 penjualan 1 SMK Negeri 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptip kualitatif (studi di SMK Negeri 1 Tulungagung). Subyek penelitian ini adalah guru kewirausahaan dan siswa kelas 3 penjualan 1 di SMK Negeri 1 Tulungagung teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner wawancara observasi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah (1) reduksi data (2) penyajian data (3) interprestasi data (4) menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan (1) pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan secara moving class terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 penjualan 1 di SMK Negeri 1 Tulungagung mengalami kesulitan yaitu ruang kelas yang sempit dan kelelahan siswa saat harus berpindah kelas. Pembelajaran dimulai dari membuka pelajaran menyampaikan materi dan menutup pelajaran. Selama proses pembelajaran guru menggunakan sumber metode dan media pembelajaran yang sesuai. Penilaian dilakukan saat proses pembelajaran berlangsung maupun setelah menyelesaikan satu atau semua standar kompetensi dalam bentuk tes tulis dan tes lisan dan pelaksanaan pembelajaran secara moving class ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa (2) problematika yang dihadapi guru dalam pembelajaran kewirausahaan secara moving class terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 penjualan 1 di SMK Negeri 1 Tulungagung adalah keterlambatan siswa masuk ke dalam kelas kurangnya konsentrasi siswa saat mengikuti pelajaran kewirausahaan dan adanya waktu yang tersita karena pergantian jam pelajaran.(3) problematika yang dihadapi siswa dalam pembelajaran kewirausahaan secara moving class terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 penjualan 1 di SMK Negeri 1 Tulungagung adalah kesulitan dalam pembelajaran kewirausahaan seringnya bawaan siswa yang tertinggal kurangnya kesadaran siswa dalam menjaga kebersihan. (3) solusi yang digunakan untuk mengatasi kesulitan dalam pembelajaran kewirausahaan secara moving class terhadap prestasi belajar siswa kelas 3 penjualan 1 SMK Negeri 1 Tulungagung adalah a) keterlambatan siswa disini guru membuat kesepakatan tentang batas waktu keterlambatan b) untuk mengatasi kurangnya konsentrasi siswa saat mengikuti pelajaran kewirausahaan maka guru menciptakan belajar aktif dan memberi motivasi berupa tugas-tugas c) Untuk mengatasi waktu yang tersita karena pergantian jam pelajaran maka guru harus menyiapkan bahan ajar yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Sedangkan untuk mengatasi problematika yang dihadapi siswa adalah guru harus dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif sedangkan untuk mengatasi kurangnya siswa dalam menjaga kebersihan dan seringnya bawaan yang tertinggal maka guru selalu mengingatkan siswa sebelum pelajaran berlangsung. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan agar sekolah lebih meningkatkan penyelenggaraan sistem pembelajaran moving class karena dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pembelajaran moving class sangat memerlukan sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai misalnya ruang pembelajaran yang nyaman serta media pembelajaran oleh karena itu dukungan dari pihak sekolah sebagai penyedia sarana dan prasarana sangat diperlukan. Guru harus dapat memotivasi siswa untuk mengadakan kesiapan belajar dirumah sebelum materi disampaikan. di sekolah dengan cara memberi tahu siswa bahwa setiap kali pertemuan akan diadakan pre tes dan post tes sehingga siswa akan lebih termotivasi untuk belajar sebelum materi disampaikan.Guru hendaknya mempertimbangkan alokasi waktu dan kedisiplinan siswa saat perpindahan ruang kelas agar pembelajaran dengan menggunakan sistem moving class berlangsung efektif. Sehingga siswa dapat juga berperan aktif dalam pelaksanaan pembelajaran secara moving class bagi peneliti berikutnya agar dapat melakukan penelitian tentang pembelajaran secara moving class pada mata diklat lain selain mata diklat kewirausahaan dan dapat dikembangkan untuk sekolah-sekolah lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jul 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27612 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |