Pengaruh penerapan pendidikan kecakapan hidup (life skill) terhadap perencanaan karir siswa pasca sekolah (studi pada siswa kelas 2 SMK Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2007/2008) / Eni Dwi Purwanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penerapan pendidikan kecakapan hidup (life skill) terhadap perencanaan karir siswa pasca sekolah (studi pada siswa kelas 2 SMK Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2007/2008) / Eni Dwi Purwanti

Purwanti, Eni Dwi (2009) Pengaruh penerapan pendidikan kecakapan hidup (life skill) terhadap perencanaan karir siswa pasca sekolah (studi pada siswa kelas 2 SMK Negeri 2 Kediri tahun ajaran 2007/2008) / Eni Dwi Purwanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan melalui sekolah-sekolah belum dapat memenuhi kebutuhan dan harapan masyarakat apabila dilihat dari lulusannya yang masih menggantungkan pada pihak lain di samping kekurangmampuan mereka untuk mengisi dan bersaing di dunia kerja. Hal tersebut disebabkan karena pola pembelajaran selama ini hanya mendorong siswa untuk berprestasi di kelas dan mengabaikan keterampilan hidup yang nantinya diperlukan pada saat mereka terjun ke masyarakat. Berbagai inovasi program pendidikan telah dilakukan diantaranya melalui penerapan pendidikan kecakapan hidup (life skill) yang berusaha meniadakan kesenjangan antara pembelajaran di kelas dengan kehidupan nyata. Melihat beragamnya lapangan kerja yang ditawarkan di masyarakat maka diperlukan kemampuan untuk bersaing dari setiap siswa SMK yang tidak terbatas hanya pada kecakapan vokasional saja sehingga membatasi rencana karir mereka untuk bekerja dengan hanya mengandalkan keterampilan tangan. Melalui penerapan pendidikan kecakapan hidup (life skill) siswa dapat merencanakan karir secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran obyektif tentang pengaruh kecakapan personal kecakapan sosial kecakapan akademik dan kecakapan vokasional terhadap perencanaan karir pasca sekolah siswa kelas 2 SMK Negeri 2 Kediri secara parsial pengaruh kecakapan personal kecakapan sosial kecakapan akademik dan kecakapan vokasional terhadap perencanaan karir pasca sekolah siswa kelas 2 SMK Negeri 2 Kediri secara simultan sub variabel pendidikan kecakapan hidup (life skill) yang dominan berpengaruh terhadap perencanaan karir pasca sekolah siswa kelas 2 SMK Negeri 2 Kediri. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional yang terdiri dari dua variabel yaitu pendidikan kecakapan hidup (life skill) sebagai variabel independen serta perencanaan karir siswa pasca sekolah sebagai variabel dependen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 SMK Negeri 2 Kediri dari populasi tersebut diperoleh sampel sebanyak 76 responden. Penentuan sampel dengan cara mengambil 25% dari jumlah siswa pada masing-masing kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Multy Stage Sampling yang terdiri dari beberapa tahapan (1) Proporsional Sampling (2) Purposive Sampling (3) Accidental Sampling. Pengambilan data primer dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian berupa angket atau kuesioner yang sebelumnya telah diuji melalui uji validitas dan uji reliabilitas yang telah diujikan kepada 30 responden di luar sampel yang akan diambil. Instrumen penelitian tersebut menggunakan Skala Likert dengan 5 skala pengukuran yang meliputi sangat setuju (5) setuju (4) kurang setuju (3) tidak setuju (2) dan sangat tidak setuju (1). Data sekunder dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi. Tujuan penelitian ini diwujudkan dengan menggunakan analisis deskriptif guna mengetahui gambaran masing-masing sub variabel pendidikan kecakapan hidup (life skill) baik secara parsial maupun simultan dengan bantuan SPSS 13.00 for Windows. Untuk menguji kelayakan model regresi dilakukan uji asumsi klasik. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Terdapat pengaruh kecakapan personal kecakapan sosial kecakapan akademik dan kecakapan vokasional secara parsial terhadap perencanaan karir pasca sekolah siswa kelas 2 SMK Negeri 2 Kediri dengan nilai 1 0 359 dan nilai sig t1 0 000 nilai 2 0 293 dan nilai sig t2 0 001 nilai 3 0 244 dan nilai sig t3 0 006 nilai 4 0 211 dan nilai t4 0 014. Berdasarkan nilai Fhitung sebesar 22 305 dan tingkat signifikansi 0 000 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kecakapan personal kecakapan sosial kecakapan akademik dan kecakapan vokasional secara simultan terhadap perencanaan karir pasca sekolah (Y) siswa kelas 2 SMK Negeri 2 Kediri. (2) Pendidikan kecakapan hidup (life skill) yang dominan berpengaruh terhadap perencanaan karir pasca sekolah siswa kelas 2 SMK Negeri 2 Kediri adalah kecakapan personal dengan nilai Beta ( ) terbesar yaitu 0 359. Saran penulis adalah (1) Bagi sekolah Penerapan pendidikan kecakapan hidup (life skill) perlu dikembangkan bukan hanya sebagai sub sistem pendidikan melainkan sebagai suatu pola pembelajaran Perananan bimbingan karir perlu ditingkatkan Hendaknya fokus perencanaan karir siswa diperluas bukan hanya untuk bekerja tetapi tidak menutup kemungkinan bagi mereka yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi (2) Bagi siswa Hendaknya lebih mengembangkan kecakapan personal kecakapan sosial kecakapan akademik dan kecakapan vokasional sehingga terjadi keseimbangan diantara keempatnya guna mengembangkan diri dan potensi yang dimilikinya Dalam proses pembelajaran siswa hendaknya lebih aktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan yang dimilikinya (3) Bagi guru Hendaknya guru dapat menerapakan beberapa metode pembelajaran yang relevan sehingga mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah secara kreatif mengelola konflik merancang dan melaksanakan penelitian ilmiah berpikir strategis dan mengidentifikasi sekaligus mengembangkan variabel penelitian Hendaknya guru khususnya guru bimbingan karir dalam memberikan bimbingan atau penyuluhan tidak terpaku pada satu atau beberapa siswa saja Hendaknya guru lebih memantau dan memberikan bimbingan pada siswa baik di dalam maupun di luar kelas terkait dengan mata diklat maupun hal lainnya (4) Bagi peneliti berikutnya Hendaknya berusaha meneliti faktor lain di luar pendidikan kecakapan hidup (life skill) yang mempengaruhi perencanaan karir siswa pasca sekolah Hendaknya menambah pertanyaan untuk tiap indikator tidak hanya satu pertanyaan untuk satu indikator sehingga data yang dihasilkan lebih valid dan relevan Dapat menerapkan pendidikan life skill tidak hanya sebagai sub sistem pendidikan tetapi sebagai suatu pola pembelajaran dengan menerapakannya pada mata diklat tertentu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Mar 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27583

Actions (login required)

View Item View Item