Penerapan pembelajaran "cooperative learning" model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa mata diklat pelayanan prima kelas I penjualan SMK BM "Ardjuna" 02 Malang / Veri Nila Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran "cooperative learning" model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa mata diklat pelayanan prima kelas I penjualan SMK BM "Ardjuna" 02 Malang / Veri Nila Sari

Veri Nila Sari (2009) Penerapan pembelajaran "cooperative learning" model TGT (Teams Games Tournament) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa mata diklat pelayanan prima kelas I penjualan SMK BM "Ardjuna" 02 Malang / Veri Nila Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan berdasarkan pembaharuan pendidikan melalui pembaharuan kurikulum yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dengan adanya penggunaan metode yang tepat proses belajar mengajar dapat memperoleh hasil yang memuaskan dan dapat mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu baik murid maupun guru harus memiliki sikap kemampuan dan keterampilan yang mendukung proses belajar mengajar. Guru sebaiknya harus tepat dalam memilih metode pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Cooperatif Learning model TGT (Teams Games Tournament) siswa kelas I Penjualan di SMK BM Ardjuna 02 Malang. (2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar terhadap mata diklat pelayanan prima pada siswa kelas I Penjualan SMK BM Ardjuna 02 Malang melalui penerapan metode pembelajaran Cooperatif Learning model TGT (Teams Games Tournament). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena data yang diperoleh dinyatakan dalam bentuk verbal. Penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa-peristiwa di lapangan sehingga penelitian kualitatif ini bersifat deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Alat pengumpulan data menggunakan dokumentasi tes lembar observasi lembar catatan lapangan dan pedoman wawancara. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas I Penjualan SMK BM Ardjuna 02 Malang tahun ajaran 2007/2008. Data untuk prestasi belajar ditinjau dari aspek kognitif dapat diperoleh nilai rata-rata pada siklus pertama sebesar 66 dan pada siklus kedua meningkat menjadi 79. Sedangkan ditinjau dari aspek afektif juga mengalami peningkatan dimana siklus pertama rata-rata sebesar 75 2 dan pada siklus kedua menjadi sebesar 76 9. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan (1) Penelitian tindakan kelas dengan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournament) pada materi Konsep Pelayanan Prima dalam pelaksanaanya terdiri dari 2 tahap yaitu pra kegiatan dan detail kegiatan pembelajaran. (2) Penerapan metode pembelajaran Cooperatif Learning model TGT di SMK BM Ardjuna 02 Malang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa baik ditinjau dari aspek kognitif dan afektif. Beberapa saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu (1) Guru mata diklat Pelayanan Prima SMK BM Ardjuna 02 Malang disarankan untuk mencoba menerapkan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournamen). (2) Guru mata diklat Pelayanan Prima SMK BM Ardjuna 02 Malang diharapkan dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournamen) menggunakan variasi permainan sehingga siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. (3) Guru mata diklat Pelayanan Prima SMK BM Ardjuna 02 Malang disarankan untuk sering memberikan tugas. (4) Dalam menerapkan pembelajaran kooperatif model TGT (Teams Games Tournamen) guru perlu mengatur waktu mempersiapkan rencana kegiatan dan media yang tepat sehingga kegiatan pembelajaran yang dilakukan dapat berlangsung secara optimal dan efesien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Jun 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27567

Actions (login required)

View Item View Item