Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek semester genap tahun ajaran 2006/2007) / Nova Any Rosita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek semester genap tahun ajaran 2006/2007) / Nova Any Rosita

Nova Any Rosita (2009) Pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa (studi pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek semester genap tahun ajaran 2006/2007) / Nova Any Rosita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ada dua faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yaitu faktor endogen dan eksogen. Faktor endogen meliputi faktor biologis (kesehatan cacat badan) dan psikologis (inteligensi perhatian motivasi bakat dan emosi). Faktor eksogen meliputi faktor lingkungan keluarga (orang tua suasana rumah dan ekonomi keluarga) lingkungan masyarakat (teman bergaul mass media corak kehidupan tetangga dan kegiatan-kegiatan dalam masyarakat) dan lingkungan sekolah (cara penyajian pelajaran hubungan guru dengan siswa hubungan siswa dengan siswa bahan pelajaran dan alat-alat belajar). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) adanya pengaruh yang signifikan secara parsial antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Pogalan pada semester genap tahun ajaran 2006/2007 (2) adanya pengaruh yang signifikan secara parsial antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Pogalan pada semester genap tahun ajaran 2006/2007 (3) adanya pengaruh yang signifikan secara parsial antara lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Pogalan pada semester genap tahun ajaran 2006/2007 (4) adanya pengaruh yang signifikan secara simultan antara lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa SMK Negeri 1 Pogalan pada semester genap tahun ajaran 2006/2007. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis regresi berganda (multiple regression analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Pogalan Trenggalek. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportional random sampling. Jumlah populasi sebesar 266 siswa sedangkan jumlah sampel sebesar 100 siswa. Berdasarkan hasil analisis data terbukti bahwa persamaan regresi y1 b0 b1X1 420 291 5 350X1. Nilai probabilitas lebih besar atau sama dengan nilai probabilitas (Sig) (0 008 8804 0 05) dan thitung (2 702) ttabel (1 985) maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya koefisien regresi adalah signifikan. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa. Persamaan regresi y2 b0 b2X2 524 644 2 037X2. Nilai probabilitas lebih besar atau sama dengan nilai probabilitas (Sig) (0 000 8804 0 05) dan thitung (4 104) ttabel (1 985) maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya koefisien regresi adalah signifikan. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar siswa. Persamaan regresi y3 b0 b3X3 63 295 8 163X3. Nilai probabilitas lebih besar atau sama dengan nilai probabilitas (Sig) (0 000 8804 0 05) dan thitung (4 308) ttabel (1 985) maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya koefisien regresi adalah signifikan. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara parsial antara lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa. Persamaan regresi Y B0 B1X1 B2X2 B3X3 4 552 0 0294X1 0 0070X2 0 0217X3. Nilai probabilitas lebih besar atau sama dengan nilai probabilitas (Sig) (0 000 8804 0 05) dan Fhitung (36 705) Ftabel (2 699) maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya koefisien regresi adalah signifikan. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan temuan di atas saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah bagi orang tua siswa diharapkan dapat memberikan motivasi dengan menyediakan fasilitas dan lingkungan belajar di rumah yang kondusif bagi Kepala Sekolah diharapkan dapat memberikan motivasi belajar kepada siswa dengan meningkatkan pengadaan pustaka dan memaksimalkan kinerja guru bagi guru diharapkan dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar yang menarik dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif bagi siswa diharapkan dapat memaksimalkan fasilitas belajar yang ada di sekolah serta bagi penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Jul 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/27565

Actions (login required)

View Item View Item