Eko Susilowanto (2009) Penerapan model siklus belajar (learning cycle) pada mata pelajaran kewirausahaan di SMK Ardjuna 01 Malang / Eko Susilowanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pengamatan langsung yang dilakukan dalam kelas saat terjadi proses pembelajaran didapatkan beberapa pendapat. Di antara data tersebut ialah dalam proses pembelajaran guru masih menerapkan metode pembelajaran dengan model ceramah meskipun ada selingan sedikit kegiatan demonstrasi yang ditunjukkan oleh guru dan beberapa siswa saja di depan kelas. Metode ini menjadikan siswa hanya mendengar dan melihat tanpa melakukan kegiatan akibatnya siswa kurang aktif dan kurang terampil. Kenyataan selama ini menunjukkan pembelajaran kewirausahaan yang dilaksanakan guru di SMK 01 Ardjuna Malang menggunakan model konvensional yang didominasi metode ceramah. Siswa menjadi pasif menerima semua informasi yang diberikan oleh guru serta kurang bersemangat selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Siswa kurang berani mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan guru sehingga kegiatan pembelajaran terkesan terjadi dalam satu arah. Hal ini menyebabkan kemampuan berpikir siswa tidak berkembang dan prestasi belajar siswa menjadi rendah. Dalam rangka membantu anak didik untuk memahami apa yang harus mereka kuasai perlu dilakukan perubahan paradigma (pola pikir) guru agar mampu menjadi fasilitator dan mitra belajar bagi peserta didiknya. Tugas guru tidak hanya menyampaikan informasi kepada peserta didik tetapi harus menjadi fasilitator yang memberikan kemudahan belajar (facilitate of learning) kepada seluruh peserta didik. Guru harus memperhatikan hal-hal berikut Mengurangi metode ceramah Memodifikasi dan memperkaya bahan pembelajaran Menggunakan prosedur yang bervariasi dalam membuat penilaian Mengusahakan keterlibatan peserta didik dalam berbagai kegiatan pembelajaran. Dengan demikian peserta didik belajar dalam suasana yang menyenangkan gembira penuh semangat tidak cemas dan berani mengemukakan pendapatnya secara terbuka Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar serta prestasi belajar siswa dari penerapan metode pembelajaran yang diterapkan guru bidang studi kewirausahaan. Model ini dapat meningkatkan kualitas siswa karena penerapan model ini dapat merangsang semangat siswa untuk mempertanyakan dan menemukan konsep pada setiap tahapannya. Dengan menggunakan pembelajaran model siklus belajar dapat diciptakan kesempatan untuk memberikan pengalaman fisik interaksi sosial dan regulasi/pengaturan diri. Model siklus belajar yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 5 tahap yaitu tahap pendahuluan tahap eksplorasi tahap eksplanasi tahap ekspansi dan tahap evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penerapan pembelajaran (Siklus Belajar) dilakukan dalam 2 siklus pembelajaran dengan dilakukan perbaikan disetiap siklusnya masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Tahapan yang digunakan dalam penelitian adalah perencanaan pemberian tindakan kelas observasi serta refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMKN Ardjuna 01 Malang dengan jumlah 32 siswa yang terdiri dari 27 orang putri dan 5 orang putra. Pokok bahasan yang digunakan pada penelitian ini adalah. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi pedoman observasi pengelolaan pembelajaran oleh guru pedoman observasi aktivitas peserta didik catatan lapangan soal-soal tes evaluasi dan pedoman wawancara guru. Instrumen pembelajaran yang digunakan meliputi LKS buku paket dan RPP berdasarkan kurikulum 2004. Hasil penelitian menunjukkan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan. Peningkatan ini dapat dilihat dari perolehan nilai rata-rata kelas untuk siklus I adalah 66 25 dan untuk siklus II meningkat menjadi 73 28. Pengelolaan pembelajaran oleh guru meningkat setelah menerapkan model siklus belajar ini. Aktivitas peserta didik juga meningkat setelah diterapkan pembelajaran model ini dari siklus I sebesar 76 % pada siklus II menjadi sebesar 81 %. Observasi dilaksanakan peneliti untuk menemukan gejala untuk mendapatkan perhatian dan perbaikan dari siklus I dan memperbaiki hasil dari pengamatan siklus I. Pengamatan yang dilakukan peneliti saat kegiatan pembelajaran diperoleh beberapa temuan pada siklus II. hasil temuan pada siklus II adalah sebagai berikut (1) Siswa sudah mampu untuk berani dalam memberikan jawaban pendapat dan tanggapan pada saat persentasi (2) Kerja sama dan pembagian tugas antar anggota kelompok sudah mengalami kemajuan (3) Terlihat hanya sebagian siswa saja yang kerja yang lain hanya melihat dan asyik mengobrol tetapi guru selalu menegurnya tetapi dalam kegiatan yang berlangsung tidak sedikit yang aktif atau biasa dikatakan mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya (4) Guru senantiasa selalu memberikan motivasi dan menumbuhkan kepercayaan diri pada semua siswa agar tidak malas saat mengikuti pelajaran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ini sebaiknya guru kelas 2 Akuntansi Ardjuna 01 Malang menerapkan model pembelajaran kontekstual model siklus belajar sebagai alternatif pendekatan pembelajaran yang dapat dipilih untuk memotivasi siswa berfikir aktif dan kreatif Sehingga aktivitas guru dan siswa tidak terkesan monoton Agar kejenuhan peserta didik tidak terjadi karena guru menggunakan metode pembelajaran yang sama dalam kurun waktu yang lama untuk membahas materi yang berbeda. Siswa sebaiknya senantiasa aktif dalam kegiatan pembelajaran untuk dapat meningkatkan prestasi belajarnya. Keaktifan ini dapat dilakukan siswa dengan senantiasa aktif belajar di kelas maupun di luar kelas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |