Hery Wibowo (2009) Pengaruh persepsi kualitas layanan jasa pendidikan tinggi, kepercayaan (trust), dan citra (image) universitas terhadap kepuasan mahasiswa (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Hery Wibowo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Paradigma baru pendidikan tinggi yang telah disosialisasikan hampir satu dasawarsa terakhir ini adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. tetapi hal itu belum menampakkan hasil yang nyata. Paradigma baru tersebut terdiri dari akreditasi akuntabilitas evaluasi ekonomi dan mutu yang saling terkait satu sama lain dan seyogyanya dijadikan acuan dalam proses pembelajaran dapat memenuhi atau sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Perguruan tinggi merupakan salah satu organisasi jasa yang diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Kualitas merupakan salah satu faktor yang menentukan pemilihan produk oleh konsumen. Kualitas yang baik dapat menimbulkan dapat menimbulkan loyalitas konsumen dan menarik konsumen baru. Pada akhirnya melalui kepuasan konsumenlah perusahaan akan memperoleh keuntungan jangka panjang. Berdasarkan kualitas jasa yang dicerminkan oleh dimensi kualitas pelayanan yang baik maka perguruan tinggi akan mendapat kepercayaan (trust) baik masyarakat luas akan kualitasnya dan citra (image) perguruan tinggi yang baik. Citra (image) bagi perguruan tinggi juga sangat penting untuk dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dalam hal ini mahasiswa. Universitas Negeri Malang merupakan salah satu perguruan tinggi yang mengalami perubahan status dari IKIP Malang menjadi Universitas Negeri Malang (UM). Perubahan status tersebut mempengaruhi minat mahasiswa untuk masuk ke Universitas Negeri Malang. Hal ini disebabkan UM menawarkan program baru yaitu non-keguruan. Sedangkan IKIP hanya menyediakan pilihan program studi keguruan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran obyektif tentang pengaruh langsung antara persepsi kualitas layanan jasa pendidikan tinggi terhadap kepercayaan (trust) mahasiswa pengaruh secara langsung persepsi kualitas layanan jasa pendidikan tinggi terhadap citra (image) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pengaruh secara langsung kepercayaan (trust) terhadap kepuasan mahasiswa pengaruh secara langsung citra (image) universitas terhadap kepuasan mahasiswa pengaruh secara langsung persepsi kualitas layanan jasa pendidikan tinggi terhadap kepuasan mahasiswa pengaruh secara tidak langsung persepsi kualitas layanan jasa pendidikan tinggi terhadap kepuasan mahasiswa melalui kepercayaan (trust) pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang pengaruh secara tidak langsung persepsi kualitas layanan jasa pendidikan tinggi terhadap kepuasan mahasiswa melalui citra (image) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quesioner yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis jalur dengan teknik regresi berganda. Untuk mendukung kelengkapan data dalam penelitian ini maka digunakan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang baik reguler maupun non reguler yang terdaftar (registrasi) pada tahun akademik 2006/2007. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode propoportionate random sampling. Kemudian sampel penelitian ditentukan sebesar 100 responden. Berdasarkan pengelolaan data dan analisis regresi linear berganda dapat diketahui hasil yang menyatakan (1). Terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara persepsi kualitas layanan jasa pendidikan tinggi terhadap kepercayaan (trust) mahasiswa pada fakultas ekonomi UM dengan pengaruh sebesar 0 473 (47 3%) (2) Terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara persepsi kualitas layanan jasa pendidikan tinggi terhadap citra (image) Fakultas Ekonomi UM dengan pengaruh sebesar 0 485 (48 5%) (3) Terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara persepsi kualitas layanan jasa pendidikan tinggi terhadap kepuasan mahasiswa dengan pengaruh sebesar 0 343 (34 3%) (4) Terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara kepercayaan (trust) terhadap kepuasan mahasiswa dengan pengaruh sebesar 0 292 (29 2%) (5) Terdapat pengaruh secara langsung dan signifikan antara citra (image) universitas terhadap kepuasan mahasiswa dengan pengaruh sebesar 0 817 (81 7%) (6) Terdapat pengaruh secara tidak langsung antara persepsi kualitas layanan jasa pendidikan tinggi terhadap kepuasan mahasiswa melalui kepercayaan (trust) pada fakultas ekonomi UM dengan nilai pengaruh tidak langsungnya sebesar 0 138 (13 8%) (7) Terdapat pengaruh secara tidak langsung antara persepsi kualitas layanan jasa pendidikan tinggi terhadap kepuasan mahasiswa melalui citra (image) pada fakultas ekonomi UM dengan nilai pengaruh tidak langsungnya sebesar 0 091 (91%). Berdasarkan hasil penelitian teresebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa persepsi kualitas layanan jasa pendidikan tinggi dapat mempengaruhi kepuasan mahasiswa dengan perantara kepercayaan (trust) mahasiswa dan citra (image) pada fakultas ekonomi UM. Saran dari penelitian ini yang diberikan untuk meningkatkan kualitas universitas layanan jasa pendidikan adalah meningkatkan kualitas kurikulum yang sesuai dengan tuntutan perkembangan dunia industri memperbaiki dan merawat fasilitas fisik yang ada agar Fakultas Ekonomi UM dapat dipercaya oleh masyarakat meningkatkan pelayanan akademis dalam bentuk terus mengevaluasi kinerja pelayanan pengisisan KRS online meningkatkan kepercayaan Fakultas Ekonomi UM dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia penyedia jasa yang meliputi dosen dan karyawan Fakultas Ekonomi UM dirasakan perlu menjalin publisitas kepada masyarakat luas dan dunia usaha meningkatkan kualitas dan profesionalisme sumber daya manusia lulusan dari fakultas ekonomi UM melalui program sertifikasi keterampilan dan bahasa asing membantu dan memberikan jalan bagi mahasiswa berprestasi dan terampil untuk dipromosikan pada dunia industri.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27554 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |