Gunawan Adi Prasetyo (2009) Pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan terhadap prestasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 2 Batu / Gunawan Adi Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Fasilitas dan lingkungan merupakan salah satu diantara faktor faktor yang berpengaruh dalam pencapaian prestasi belajar siswa. Fasilitas belajar dan lingkungan yang baik serta mendukung tentu akan meningkatkan prestasi belajar siswa. Dalam penelitian init erdapat dua faktor yang menjadi bagian dari variabel fasilitas belajar yaitu fasilitas belajar di rumah dan fasilitas belajar di sekolah. Sedangkan variabel lingkungan juga terdapat dua faktor yaitu lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Kedua variabel tersebut sangat diperlukan sebagai upaya pencapaian prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan fasilitas belajar lingkungan dan prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Batu tahun pelajaran 2006/2007 dengan total populasi 272 siswa. Sedangkan sampel yang diambil dengan menggunakan rumus Daniel and Terrel dengan jumlah sampel sebanyak 92 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket untuk variabel fasilitas belajar dan variabel lingkungan dan metode dokumentasi untuk variabel prestasi belajar. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis statistik inferensial. Fasilitas belajar di rumah mempengaruhi prestasi belajar. Hal ini dapat dibuktikan dengan thitung dari ttabel dengan nilai signifikan t 0 022 dari alpha pada taraf signifikan 5% dapat ditarik kesimpulan bahwa fasilitas belajar di rumah mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi belajar. Fasilitas belajar di sekolah mempengaruhi prestasi belajar. Hal ini dapat dibuktikan dengan thitung dari ttabel dengan nilai signifikan t 0 002 dari alpha pada taraf signifikan 5% dapat ditarik kesimpulan bahwa fasilitas belajar di sekolah mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar. Lingkungan sekolah mempengaruhi prestasi belajar. Hal ini dapat dibuktikan dengan thitung dari ttabel dengan nilai signifikan t 0 000 dari alpha pada taraf signifikan 5% dapat ditarik kesimpulan bahwa lingkungan sekolah mempunyai pengaruh positif terhadap prestasi belajar. Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh fasilitas belajar dan lingkungan sebesar67 5% sedangkan sisanya 32 5% dipengaruhi oleh faktor misalnya motivasi belajar inteligensi kondisi fisiologis kondisi psikologis dan lain sebagainya. Secara simultan kedua variabel tersebut mempengaruhi prestasi belajar hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Fhitung Ftabel dengan nilai signifikan F 0 022 dari alpha pada taraf signifikan 5%. Diharapkan kepada pihak sekolah dan orang tua agar memberikan fasilitas belajar yang baik dan menciptakan lingkungan yang kondusif agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Jun 2009 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2009 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/27551 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |