Pendidikan karakter melalui pembiasaan pada siswa Kelas iii SDN Bareng 4 Malang / Vivania Esa Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendidikan karakter melalui pembiasaan pada siswa Kelas iii SDN Bareng 4 Malang / Vivania Esa Putri

Putri, Vivania Esa (2023) Pendidikan karakter melalui pembiasaan pada siswa Kelas iii SDN Bareng 4 Malang / Vivania Esa Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Karakter adalah watak sifat akhlak ataupun kepribadian yang membedakan seorang individu dengan individu lainnya. Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang didalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik dan diperuntukkan bagi generasi selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam mengenai pendidikan karakter melalui pembiasaan pada siswa Kelas III karakter yang dimiliki siswa melalui penerapan pendidikan karakter tersebut dan kendala yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan penerapan pendidikan karakter. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah Wali Kelas III guru bidang studi Agama guru bidang studi PJOK guru ekstrakurikuker Pramuka dan siswa kelas III. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu pedoman wawancara dan pedoman obervasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan pada siswa kelas III SDN Bareng 4 terdiri dari kegitan rutin dan kegiatan insidental. Kegitan rutin yang dilakukan di SDN Bareng 4 Malang ada 10 kegiatan yang terdiri dari budaya 5S sholat berjamaah upacara bendera iuran sukarela berdoa membaca surah-surah pendek menyanyikan lagu wajib Nasional piket kebersihan kelas senam bersama dan kerja bakti. Kegiatan ini sudah dilakukan sejak awal tahun 2000 dan akan berlangsung hingga seterusnya dengan berbagai pembaruan di setiap tahunnya. Sedangkan untuk kegiatan insidental ada 3 yaitu membuang sampah membantu sesame dan menyiram tanaman. Karakter yang siswa kelas III SDN Bareng 4 Malang terdiri dari karakter religius disiplin peduli sosial cinta tanah air dan peduli lingkungan. Kendala yang dihadapi oleh guru dalam melaksanakan penerapan pendidikan karakter yaitu nilai-nilai karakter yang dikembangkan di sekolah belum dijabarkan dalam bentuk indikator yang representatif memasukkan nilai-nilai karakter ke dalam materi pembelajaran yang sesuai penanaman konsep akhlak dan iman dalam pembelajaran karakter anak yang berbeda-beda serta efek pembelajaran daring saat pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Feb 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/275073

Actions (login required)

View Item View Item