Baliqhotunnisa, Alinda (2022) Pengaruh penggunaan media audio visual dalam pembelajaran daring siswa Kelas 3 SDN 2 Kotalama Malang / Alinda Baliqhotunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS 3 SDN KOTALAMA 2 MALANG ABSTRAK Alinda Baliqhotunnisa.2022. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Daring Siswa Kelas 3 di SDN Kotalama 2 Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Siti Umayaroh S.Pd M.Pd (II) Munaisra Tri Tirtaningsih S.Pd. Kata Kunci pengaruh penggunaan media media audio visual pembelajaran daring Pandemi covid-19 yang melanda di dunia saat ini maka lembaga pendidikan melakukan pembelajaran secara daring untuk tetap mempertahankan proses pembelajaran berlangsungkhususnya terhadap prestasi hasil belajar siswa sekolah dasar. Hal ini tentu berkaitan dengan kemampuan siswa dalam memahami pelajaran. Jika sebelumnya anak bebas mengajukan pertanyaan yang tidak dipahami oleh guru atau teman sekelas dalam pembelajaran langsung tanpa hambatan atau hambatan dalam berbagai situasi ketika siswa belajar sendiri dari rumah banyak mengalami keterbatasan dan kondisi teknologi. Hasil observasi diproleh data siswa kesulitan dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru secara daring. Ada beberapa kesulitan lain disebabkan oleh sistem pembelajaran guru yang kurang efisien dalam memberikan materi dan belum terbiasa menggunakan perangkat pengajaran di Internet. Guru lebih mengambil video orang lain dari YouTube yang terkadang sangat monoton tentang video teks tanpa bentuk gambar apapun sedemikian rupa dan juga karena menggunakan video orang lain membuat siswa jarang berinteraksi mengetahui wajah gurunya saat mengajar yang mengakibatkan siswa kurang mengenal gurunyayang menyebabkan siswa menjadi kurang semangat untuk mengerjakan pekerjaan rumah mereka. Akhirnya hal ini yang menjadi faktor rendahnya prestasi belajar siswa tersebut. Oleh karena itu dibuatlah media audio visual yang lebih interaktif dengan siswa sehingga dapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment yakni menggunakan dua kelompok yang dibedakan perlakuan pembelajarannya. Dari hasil diketahui bahwa rata-rata setelah tes kelompok eksperimen adalah 87 86 sedangkan rata-rata setelah tes kelompok kontrol adalah 66 79. Maka hasil penelitian tersebut akhirnya didapatkan bahwa ada pengaruh pada hasil belajar siswa mengerjakan soal esai dan praktek menari dengan menggunakan media audio visual dalam proses pembelajarannya.serta menumbuhkan respon kreatif dan dapat menjadi perangsang imajinasi yang baik dalam setiap pembelajaran yang melibatkan keaktifan anak serta meningkatkan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/275066 |
Actions (login required)
View Item |