Pengembangan media pembelajaran "buku menjelajah indonesia" berbasis hypermedia pada materi Keberagaman Budaya di Indonesia kelas IV SD / Nilna Umi Latifah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran "buku menjelajah indonesia" berbasis hypermedia pada materi Keberagaman Budaya di Indonesia kelas IV SD / Nilna Umi Latifah

Latifah, Nilna Umi (2022) Pengembangan media pembelajaran "buku menjelajah indonesia" berbasis hypermedia pada materi Keberagaman Budaya di Indonesia kelas IV SD / Nilna Umi Latifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian yang terlaksana bertujuan dalam melakukan pengembangan pada media pembelajaran buku Menjelajah Indonesia berbasis hypermedia dalam materi keberagaman makanan khas upacara adat dan senjata khas di pulau Jawa untuk kelas IV SD. Keterbatasan media pembelajaran mengakibatkan proses pembelajaran yang akan dilaksanakan guru kurang maksimal sehingga berdampak pada tingkat pemahaman siswa terkait materi tersebut. Interaktifnya pengembangan media pembelajaran sertadisesuaikan karakteristik siswa SD yaitu lebih menyukai media pembelajaran berwarna praktis yang di lengkapi dengan gambar video dan lembar kerja yang dapat dikerjakan secara langsung sangatlah diperlukan. Model yang peneliti pilih ialah model penelitian serta pengembangan (research and development) jenis ADDIE dengan meliputi 5 tahapan yakni analisis (analysis) perancangan (design) pengembangan (development) implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh buku Menjelajah Indonesia sangat valid sangat menarik dan sangat praktis sehingga layak untuk dipergunakan. Rata-rata hasil validasi dari ahli materi serta media sebesar 95 5% dan berkategori sangat valid sedangkan uji kepraktisan produk oleh ketiga praktisi mendapatkan penilaian rata-rata 97 6% dengan kategori sangat praktis. Kepraktisan produk dari siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 96 74% dengan kategori sangat praktis sedangkan kemenarikan produk mendapatkan nilai rata-rata sebesar 98 94% dari siswa dengan kategori sangat menarik. Media pembelajaran buku Menjelajah Indonesia ini bisa digunakan oleh siswa yang berkemampuan tinggi sedang maupun rendah serta memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan terkait materi keberagaman budaya tentang makanan khas upacara adat dan senjata khas di Pulau Jawa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Dec 2022 04:29
Last Modified: 12 Apr 2023 03:38
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/274960

Actions (login required)

View Item View Item