Qolbi, Muhammad Syifa'ul (2022) Pengembangan aplikasi mobile seamless learning berbasis gamifikasi pada pembelajaran teknologi visual 3D / Muhammad Syifa'ul Qolbi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Ada berbagai aplikasi potensial dari metaverse dalam pendidikan. Mahasiswa teknologi pendidikan harus menguasai kemampuan dalam mengembangkan hal seputar metaverse karena kebutuhan sesuai perkembangan teknologi. Salah satu aset dari pengembangan metaverse yaitu teknologi visual 3D. Penelitian lain menunjukkan kursus 3D Animasi memiliki hasil 9 1% dalam penyelesaian kursusnya. Maka dari itu dikhawatirkan pembelajaran teknologi visual 3D menggunakan basis gamifikasi yang dilaksanakan di departemen teknologi pendidikan berpotensi mendapatkan hambatan dalam pembelajarannya. Peneliti memilih mengatasi masalah tersebut dengan melakukan penelitian pengembangan aplikasi mobile seamless learning pada pembelajaran teknologi visual 3D. Pengembangan ini menggunakan model yang digagas oleh Alessi amp Trollip dengan tahapan (1) perencanaan (2) perancangan dan (3) pengembangan. Penelitian pengembangan ini mendapatkan validasi oleh ahli dengan skor 7 aspek diterima dan 2 aspek butuh pembenahan. Setelah dilakukannya revisi peneliti melakukan evaluasi respon dengan menggunakan sampel 10 mahasiswa dan 10 tutor sebaya yang memiliki hasil dapat diterima dengan hasil skor Usability Metric for User Experience-Lite (UMUX-Lite) 93 3% dan dengan hasil System Usability Scale (SUS) skor 83 6% yang termasuk grade A yaitu excellent/bagus sekali serta Net Promoter Score (NPS) promotor untuk aplikasi mahasiswa dan juga hasil skor UMUX-Lite 82 5% dan dengan hasil SUS skor 76 5% yang termasuk grade B yaitu good/bagus serta NPS pasif untuk aplikasi tutor sebaya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jan 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/273721 |
Actions (login required)
View Item |