Fikkri, Mochammad Fafa Al (2023) Pengaruh berat rotor turbin, desain nozzle dan bukaan katup terhadap daya dan efisiensi pada turbin pelton / Mochammad Fafa Al Fikkri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Energi merupakan salah satu komoditas primer yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat di dunia. Kebutuhan energi hampir disemua negara meningkat secara signifikan tiap tahunnya. Sumber energi yang sudah lazim digunakan adalah sumber energi minyak bumi gas alam dan batubara sedangkan sumber energi seperti air panas bumi panas matahari dan nuklir masih terus dikembangkan. Salah satu solusi yang bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang memiliki area perairan yaitu dengan adanya Pembangkit Listrik Tenaga MikroHydro (PLTMH) karena PLTMH sendiri tidak bisa dilepaskan dengan adanya sumber air yang mengalir sebagai penggerak dari mikrohydro itu sendiri. Turbin pelton merupakan salah satu jenis turbin air yang dapat digunakan karena memiliki efisiensi yang relative tinggi dan tidak memerlukan debit aliran yang besar. Solusi yang bisa menjadi alternatif bagi masyarakat desa khususnya daerah yang memiliki area perairan yaitu dengan adanya Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) karena PLTMH tidak bisa dilepaskan dengan adanya sumber air yang mengalir sebagai penggerak mikrohydro itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran daya dan efisiensi dengan variabel pengaruh berat rotor dengan variasi 0% 25% 50% dan 75% bukaan katup penuh dengan debit air sebesar 0 000383 m3 /s dan bukaan katup setengah sebesar 0 000133 m3 /s serta desain nozzle Pancanaka. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pada variasi nozzle Pancanaka bukaan katup penuh dengan variasi berat rotor 75% mendapatkan daya sebesar 12 9439 Watt. Sedangkan daya terendah didapatkan oleh variasi nozzle lama bukaan katup setengah dengan variasi berat rotor 0% mendapatkan daya sebesar 8 1012 Watt. Efisiensi terbesar sendiri didapatkan pada variasi nozzle Pancanaka bukaan katup setengah dengan variasi berat rotor 75% yaitu sebesar 54 3%. Sedangakan efisiensi terendah didapatkan oleh variasi nozzle lama bukaan katup penuh dengan variasi berat rotor 0% didapatkan efisiensi sebesar 26 2%. Hal ini menunjukan bahwa semakin berat ukuran rotor yang digunakan dan juga desain nozzle yang dipakai menunjukan bahwa daya dan efisiensi yang dihasilkan semakin meningkat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2023 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/273226 |
Actions (login required)
View Item |