Pengukuran real-time energi listrik pada lampu jalan tenaga surya / Nyoto Weliyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengukuran real-time energi listrik pada lampu jalan tenaga surya / Nyoto Weliyawan

Weliyawan Nyoto (2021) Pengukuran real-time energi listrik pada lampu jalan tenaga surya / Nyoto Weliyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Weliyawan Nyoto. 2020. Pengukuran Real-time Energi Listrik Pada Lampu Jalan Bertenaga Surya. Tugas Akhir Jurusan Teknik Elektro. Program Studi D3 TeknikElektro Fakultas Teknik. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Eng Mokh.Sholihul Hadi S.T. M.Eng. Kata Kunci Monitoring PLTS Internet Of Things Tujuan dari pembuatan Tugas Akhir yaitu untuk membuat alat perancangan perangkat keras dan perangkat lunak dan juga untuk mengetahui cara kerja monitoring pada sistem pembangkit listrik tenaga surya yang berbasis IoT atau internet of things. Sistem tersebut diharap dapat memudahkan proses monitor tegangan dan arus listrik pada pembangkit listrik dengan android dan secara real-time. Metode pembuatan sistem monitoring pembangkit listrik tenaga surya dengan berbasis internet of things secara real-time. Tahapan dalam pembuatan sistem monitoring pembangkit listrik tenaga surya terdiri dari (1) Identifikasi kebutuhan komponen yang dibutuhkan (2) Perancangan sistem monitoring (3) Pengujian. Sistem monitoring pembangkit listrik tenaga surya ini dapat mendeteksi tegangan dan arus pada panel tegangan dan arus pada beban. Pembacaan sensor dikirim ke website menggunakan jaringan internet. Tampilan pada website berupa grafik dan dapat dimonitoring dari jarak jauh dengan adanya teknologi internet of things monitoring pada pembangkit listrik tenaga surya ini dapat dipantau secara real-time.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: library UM
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272637

Actions (login required)

View Item View Item