Pendeteksi kadar alkohol berbasis mikrokontroler AT89S51 dengan sensor alkohol AF63 / Heris Setyawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pendeteksi kadar alkohol berbasis mikrokontroler AT89S51 dengan sensor alkohol AF63 / Heris Setyawan

Heris Setyawan (2007) Pendeteksi kadar alkohol berbasis mikrokontroler AT89S51 dengan sensor alkohol AF63 / Heris Setyawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tingkat-tingkat keracunan tubuh sebagai akibat penggunaan minuman beralkohol mempunyai presentasi sebagai berikut (1) kurang dari 10% akan berakibat perubahan-perubahan kecil hanya dapat diketahui melalui tes khusus. (2) antara 10% sampai dengan 15% akan mengakibatkan emosi yang tidak stabil respon yang lambat terhadap rangsangan. (3) kadar 15% sampai dengan 25% akan mengakibatkan kebingungan bicara tidak menentu jalan terhuyung-huyung (mabuk). (4) kadar 25% sampai dengan 35% akan mengakibatkan seseorang menjadi tidak sadar serta gerakan-gerakan ototnya tidak terkoordinir dan (5) kadar alkohol diatas 45% akan berakibat pada kematian. Untuk menanggulangi adanya pemalsuan kadar alkohol maka diperlukan suatu alat yang dapat mendeteksi secara benar berapa kandungan alkohol dalam larutan. Sistem ini bekerja dengan cara mendeteksi uap dari alkohol itu sendiri alkohol yang akan kita ukur berapa kadarnya terlebih dahulu kita letakkan pada gelas sample yang telah disediakan. Sensor akan bekerja jika tombol start diaktifkan. Cara kerja dari sensor AF 63 adalah dengan cara menaikkan suhu pada heater rangkaian perubahan suhu pada heater itu sendiri akan merubah resistansi dari sensor. Keluaran sensor akan diolah oleh pengondisi sinyal dan hasilnya akan dikonversi oleh rangkaian ADC. Output ADC akan oleh Mikrokontroller dan keluaran akhirnya akan ditampilkan pada LCD. Oleh karena kemampuan sensor yang sangat terbatas dalam mendeteksi kadar alkohol maka data yang nantinya akan ditampilkan pada LCD tidak dapat tepat menunjukan berapa persen kandungan alkohol dalam larutan. Hal ini bisa diatasi dengan memberikan range pada setiap kadar alkohol yang dideteksi. Kesimpulan dari perancangan sistem pendeteksi kadar alkohol ini adalah (1) Sistem ini mampu mendeteksi kadar alkohol dari 0% hingga 45% (2) Selang waktu sensor dapat mendeteksi sampel larutan alkohol adalah sampai dengan mendisplaykan pada LCD adalah kurang lebih 1 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272555

Actions (login required)

View Item View Item