Bel multi suara dengan perekam pesan berkode pengaman (password) untuk rumah kos / Aldian Bima Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Bel multi suara dengan perekam pesan berkode pengaman (password) untuk rumah kos / Aldian Bima Saputra

Aldian Bima Saputra (2007) Bel multi suara dengan perekam pesan berkode pengaman (password) untuk rumah kos / Aldian Bima Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penambahan fasilitas-fasilitas pendukung untuk mempermudah komunikasi pada rumah kos sangat dibutuhkan untuk kenyamanan para penghuninya. Untuk mempermudah kelancaran komunikasi tersebut pada rumah kos dapat ditambahkan suatu fasilitas bel yang dapat menggeluarkan isyarat berbeda-beda untuk masing-masing kamar serta dapat digunakan untuk meninggalkan pesan suara yang dapat terjaga kerahasiaan isinya bagi pengunjung jika penghuni yang dituju tidak berada di tempat. Bel muti suara dengan perekam pesan berpassword ini tersusun dari beberapa komponen yaitu (1) Keypad 3X4 berfungsi untuk memilih kode suara bel sebagai saklar untuk memasukan pesan suara sebagai saklar untuk membuka pesan suara serta sebagai saklar untuk menghapus pesan suara. (2) RTC DS12C877 berfungsi sebagai sumber data waktu dengan format jam menit dan detik saat pesan ditinggalkan. (3) Mikrofon berfungsi sebagai pengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik. (4) Mikrokontroller AT89S51 berfungsi sebagai pusat kendali utama yang mengkoordinasikan seluruh perangkat input dan output pada sistem. (5) ISD25120 berfungsi sebagai perekam penyimpan dan pemutar ulang pesan suara. (6) LCD M1632 berfungsi sebagai penampil karakter huruf dan angka untuk mempermudah pengoprasian alat. (7) Loudspeaker berfungsi untuk mengubah sinyal listrik kembali menjadi sinyal suara. (8) Indikator timer berupa LED berfungsi sebagai penanda lamanya waktu saat proses perekaman data audio berlangsung. Dari hasil pengujian dan analisis diperoleh kesimpulan yaitu (1) Perekaman (record) yang bertujuan menyimpan data suara (audio) dalam chip ISD25120 dan pemutaran ulang (playback) terhadap data-data audio yang dikeluarkan melalui loud speaker dapat bekerja dengan baik sesuai perancangan. (2) Data-data yang tersimpan pada memori ISD25120 berupa pesan suara hanya dapat diputar ulang (playback) jika kode pengaman (password) yang diberikan pada alat benar sesuai dengan passwod masing-masing kamar. (3) Lama durasi memori yang dihasilkan oleh chip ISD25120 berdasarkan percobaan tidak bersesuain dengan data yang terdapat pada datasheet yaitu pada percobaan sekitar 40 detik pada penggunaan 92% dari alamat memori yang ada seharusnya sekitar 110 detik. (4) Pengaplikasian chip RTC DS12C887 sebagai sumber data waktu berupa jam menit dan detik dapat berjalan sesuai perancangan. (5) Penggunaan modul LCD M1632 untuk menampilkan petunjuk penggunaan alat serta untuk menampilkan data jam pada saat pemutar ulanggan pesan suara dapat berjalan sesuai yang diharapkan. (6) Dengan mengamati hasil pengujian tiap bagian maupun secara keeluruhan baik untuk hardware maupun software maka dapat ditarik kesimpulan bahwa perancangan yang dilakukan telah berhasil dan alat dapat bekerja sesuai yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > D3 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Jun 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272547

Actions (login required)

View Item View Item