Margaranu, Okta (2021) Diagnosis kendaraan Toyota Avanza Veloz menggunakan scantool / Okta Margaranu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Jenis mobil yang menjadi andalan Toyota adalah Toyota Avanza dengan pencapaian retail 40.728 unit. Avanza mempunyai banyak varian tipe yaitu E G dan Veloz adalah varian yang paling tinggi. Dari awal munculnya Toyota Avanza pada tahun 2004 sampai sekarang sudah menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection. Untuk mengetahui kondisi sistem EFI pada Toyota Avanza Veloz maka dilakukan proses diagnosis. Diagnosis ini bertujuan untuk mengetahui kondisi kendaraan Toyota Avanza Veloz apakah dalam kondisi baik atau tidak. Peralatan yang digunakan yaitu Scantool Autolan e-iScan. Pada proses diagnosis ini didapatkan pembacaan hasil sensor dan aktuator berkat data yang diolah oleh Electronic Control Unit (ECU) kemudian ditampilkan pada alat scantool tersebut. Adapun metode yang digunakan untuk penilitian ini adalah menggunakan metode kualitatif karena penelitian ini lebih mengarah pada pendeskripsian menguraikan menggambarkan dan menganalisis yakni menganalisis apa ada kerusakan pada sistem kontrol EFI pada kendaraan Toyota Avanza Veloz. Dari hasil diagnosis pada kendaraan Toyota Avanza Veloz Dual VVT-I Manual Tranmision 1300 CC Tahun 2019 dalam kondisi baik karena untuk semua kondisi sensor-sensor dan aktuatornya masih dalam nilai standard spefikasi yang sesuai dengan pedoman buku manual Toyota Avanza Veloz. Dapat disimpulkan tujuan dari diagnosis pada kendaraan Toyota Avanza Veloz untuk memastikan kondisi sensor dan aktuator bekerja dengan baik dan juga supaya bisa menggunakan alat Scantool secara benar sesuai SOP.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > D3 Mesin Otomotif |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/272461 |
Actions (login required)
View Item |