Analisis sistem pengendalian internal penerimaan dan pengeluaran kas pada ud rancang kencono / Selvi Deva Romandhoni - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis sistem pengendalian internal penerimaan dan pengeluaran kas pada ud rancang kencono / Selvi Deva Romandhoni

Romandhoni, Selvi Deva (2021) Analisis sistem pengendalian internal penerimaan dan pengeluaran kas pada ud rancang kencono / Selvi Deva Romandhoni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Romandhoni Selvi Deva. 2021. Analisis Sistem Pengendalian Internal Penerimaan dan Pengeluaran Kas Pada UD Rancang Kencono. Tugas Akhir. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Vega Waffareta S.E. M.S.A. Kata Kunci Sistem Pengendalian Internal COSO Framework 2013 Penerimaan dan Pengeluaran Kas UD Rancang Kencono UD Rancang Kencono merupakan usaha yang bergerak dibidang industri plastik yang belum memiliki sistem pengendalian internal penerimaan dan pengeluaran kas yang mumpuni. Masalah yang dialami oleh UD Rancang Kencono adalah tidak adanya pemisahan tugas yang tegas serta tidak melakukan pencatatan terkait penerimaan dan pengeluaran kas yang lengkap. Terdapat penelitian terdahulu yang masih menggunakan Committee of Sponsoring Organization of the Treadway Commission (COSO) Framework 2013 tetapi belum meliputi tahap-tahap penilaian pengendalian internal yang terbaru. Oleh karena itu tujuan Tugas Akhir ini adalah menganalisis dan memberikan usulan perbaikan pengendalian internal penerimaan dan pengeluaran kas saat ini dengan mengacu pada tahapan menurut COSO Framework 2013 tahun 2019. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal yang dilakukan UD Rancang Kencono perlu dilakukan perbaikan. Dari analisis dapat disimpulkan bahwa tahap pertama adalah dilakukan perencanaan dan pelingkupan pengendalian internal. Selanjutnya pada tahap kedua dilakukan penilaian dokumentasi dengan menilai struktur pengendalian saat ini mendokumentasikan dan menilai kesenjangan terhadap lima pengendalian internal menurut COSO Framework 2013 tahun 2019 antara lain tidak ada peraturan terkait etika kerja tidak menilai risiko kehilangan kas prosedur masih sederhana informasi dan komunikasi masih terbatas serta kurangnya pemantauan penerimaan dan pengeluaran kas. Berdasarkan masalah tersebut maka pada tahap ketiga perbaikan yang diperlukan adalah membuat peraturan etika kerja menilai risiko atas kas prosedur penerimaan dan pengeluaran kas secara rinci perlu informasi detail seperti jurnal serta pemantauan rutin pencatatan kas. Keterbatasan pada Tugas Akhir ini adalah penulis tidak melakukan tahap keempat dan kelima yaitu melakukan perancangan pengujian dan pelaporan serta optimalisasi pengendalian internal karena terkendala waktu dan kondisi pandemi yang tidak memungkinan dilakukan pendampingan implementasi usulan pengendalian internal di UD Rancang Kencono.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > D3 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272171

Actions (login required)

View Item View Item