Strategi penetapan harga tiket dan harga sewa tempat usaha bagi rekanan yang dilakukan oleh manajemen Taman Belajar dan rekreasi Jawa Timur Park / Dimas Ruri Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi penetapan harga tiket dan harga sewa tempat usaha bagi rekanan yang dilakukan oleh manajemen Taman Belajar dan rekreasi Jawa Timur Park / Dimas Ruri Prasetyo

Dimas Ruri Prasetyo (2007) Strategi penetapan harga tiket dan harga sewa tempat usaha bagi rekanan yang dilakukan oleh manajemen Taman Belajar dan rekreasi Jawa Timur Park / Dimas Ruri Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fafiriya Hilida. 2008. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi dengan Menggunakan Media Audiovisual pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Muakibatul Hasanah M.Pd. Kata kunci Peningkatan Menulis Puisi Media Audiovisual Selama ini masyarakat cenderung menggunakan budaya lisan daripada budaya tulis. Hal itu disebabkan kegiatan menulis yang dianggap sulit sehingga sangat kurang diminati. Kegiatan menulis seharusnya diajarkan dan ditanamkan kepada anak sejak dini karena melalui kegiatan menulis anak dapat menuangkan ide pendapat pikiran dan perasaan kepada pembaca dalam bentuk tulisan. Menulis puisi merupakan kegiatan aktif dan produktif. Dikatakan aktif karena dengan menulis puisi seseorang telah melakukan proses berpikir dikatakan produktif karena seseorang dalam menulis puisi dapat menghasilkan sebuah tulisan yang dapat dinikmati oleh orang lain. Untuk membantu siswa dalam menulis puisi dengan baik guru dituntut dapat menggunakan media pembelajaran di antaranya media audiovisual secara kreatif. Pembelajaran kemampuan menulis puisi dengan menggunakan media pembelajaran yang kreatif efektif dan menarik akan mampu membuat siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Terkait upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi dirumuskan masalah sebagai berikut (1) bagaimanakah proses peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang dengan menggunakan media audiovisual pada tahap (a) pratulis (b) saat tulis dan (c) pascatulis dan (2) bagaimanakah hasil peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang dengan menggunakan media audiovisual pada tahap (a) pratulis (b) saat tulis dan (c) pascatulis Untuk menjawab pertanyaan di atas penelitian ini dirancang dengan rancangan penelitian tindak kelas (PTK). Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 10 Malang pada kelas VIIIE. Subjek yang diteliti sebanyak 29 siswa. Pengumpulan data proses dilakukan dengan teknik observasi sedangkan pengumpulan data hasil dilakukan dengan analisis karya siswa. Dari hasil analisis ditemukan bahwa pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan media audiovisual terbukti dapat meningkat meningkatkan proses dan hasil menulis puisi siswa yang memuaskan. Proses peningkatan kemampuan menulis puisi pada tahap pratulis dilakukan kegiatan berikut (a) guru dan siswa bertanya jawab tentang hal yang terkait dengan isi VCD yang akan ditayangkan (b) siswa bertanya tentang kesulitan yang dialaminya dalam menulis puisi (c) guru menjelaskan tentang pengetahuan yang diperlukan untuk menjawab kesulitan siswa tentang menulis puisi (d) guru memancing siswa untuk dapat mengungkapkan perasaannya menggambarkan peristiwa dan menggunakan pengimajian pada butir-butir ungkapan perasaan melalui rekaman VCD (e) siswa mendengarkan dan mencermati contoh puisi yang terkait dengan isi VCD yang telah ditayangkan (f) siswa merenungkan makna isi tayangan dan membuat ungkapan perasaan sesuai dengan isi tayangan yang telah dilihat. Pada tahap saat tulis dilakukan kegiatan berikut (a) siswa dibimbing oleh guru untuk menentukan diksi yang sesuai yaitu kata konkret kata konotatif dan kata khusus serta pemilihan majas dan citraan (b) siswa dibimbing dalam pemilihan judul yang sesuai dengan isi puisinya. Pada tahap pascatulis dilakukan kegiatan berikut (a) siswa tampil membacakan hasil puisinya (b) guru memberikan penghargaan berupa hadiah berupa pensil kepada siswa yang tampil untuk membacakan puisinya di depan kelas. Hasil peningkatan kemampuan menulis pada tahap pratulis diketahui bahwa pada kemampuan siswa dalam menulis ungkapan perasaan sebagian besar (82 6 %) siswa dapat mengungkapkan perasaannya dengan tepat. Pada tahap saat tulis diketahui bahwa kemampuan menulis puisi (100%) seluruh siswa mencapai nilai di atas SKM. Pada tahap pascatulis diketahui bahwa sebagian besar (71 4%) siswa tampil membacakan puisi. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis puisi dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkat pada proses dan hasil pada tahap pratulis saat tulis dan pascatulis. Berdasarkan simpulan penelitian ini disarankan kepada kepala sekolah sebagai pengambil kebijakan di lingkungan sekolah untuk menerapkan penelitian tindakan kelas agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan dapat mengetahui kelemahan pembelajaran. Kepada guru sebagai pembina mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia disarankan agar menggunakan media audiovisual atau yang lain secara lebih kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mencapai suatu kompetensi pembelajaran terutama media pembelajaran sastra yang selama ini kurang diprioritaskan. Kepada peneliti berikutnya disarankankan agar menggunakan dan mengembangkan media audiovisual sebagai dasar untuk melakukan penelitian lain dengan lebih kreatif atau mengembangkan keterampilan berbahasa yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272119

Actions (login required)

View Item View Item