Studi tentang bauran pemasaran jasa dan analisis SWOT produk jasa system online payment point (SOPP) pada PT. Pos Indonesia (Persero) Malang / Yudhi Pratama Putra - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang bauran pemasaran jasa dan analisis SWOT produk jasa system online payment point (SOPP) pada PT. Pos Indonesia (Persero) Malang / Yudhi Pratama Putra

Yudhi Pratama Putra (2007) Studi tentang bauran pemasaran jasa dan analisis SWOT produk jasa system online payment point (SOPP) pada PT. Pos Indonesia (Persero) Malang / Yudhi Pratama Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Praktikum Manajemen Pemasaran III yang diperuntukkan bagi mahasiswa DIII Manajemen Pemasaran ini diselenggarakan tanggal 1 Oktober 2007 sampai tanggal 30 Oktober 2007 bertempat di PT. Pos Indonesia (Persero) Malang Blimbing. Penelitian ini lebih mengkaji terhadap permasalahan penelitian sehingga menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan dokumentasi wawancara dan observasi. Penelitian ini dilatar belakangi realitas bahwa integrasi dalam penerapan bauran pemasaran jasa dan analisis SWOT saat mengembangkan dan menawarkan produk jasa baru seperti System Online Payment Point/SOPP bagi perusahaan jasa seperti PT. Pos Indonesia (Persero) Malang secara tepat merupakan salah satu faktor pendukung utama yang dapat menghantarkan perusahaan tersebut dalam mencapai tujuan umum yaitu memuaskan konsumen dengan layanan terbaik dan memperoleh profit yang diharapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bauran pemasaran jasa yang terdapat pada produk SOPP PT. Pos Indonesia (Persero) Malang adalah. (1) Products SOPP PT. Pos Indonesia (Persero) Malang adalah pembayaran tagihan secara real time/online dan layanan setoran tabungan yang bekerjasama dengan perusahaan mitra yaitu bank telekomunikasi leasing dan asuransi. (2) Pricing pada produk SOPP PT. Pos Indonesia (Persero) Malang adalah dengan menerapkan two part tariff yang membebankan initial fee dan usage fee kepada pelanggan. (3) Place pada produk SOPP PT. Pos Indonesia (Persero) Malang meliputi distribusi dan lokasi. Dalam aspek distribusi maka SOPP berperan sebagai perantara konsumen dengan perusahaan mitra. Sementara itu dalam hal lokasi SOPP adalah layanan yang multilokasi sesuai dengan jumlah kantor pos yang ada di mana pelanggan mendatangi penyedia jasa. (4) Promotion pada produk SOPP PT. Pos Indonesia (Persero) Malang sebagian besar dilaksanakan oleh perusahaan mitra melalui periklanan dan promosi penjualan di media cetak dan elektronik. Sementara itu PT. Pos Indonesia (Persero) Malang melakukan sebagian kecil kegiatan promosi dan memanfaatkan komunikasi word of mouth. (5) People pada produk SOPP PT. Pos Indonesia (Persero) Malang adalah pegawai PT. Pos Indonesia (Persero) Malang yang statusnya terbagi menjadi dua yaitu pegawai negeri sipil (PNS) yang mempunyai NIPPOS dan Tenaga Kontrak Karya yang ditugaskan oleh anak perusahaan PT. Pos Indonesia (Persero) Malang. (6) Physical evidence pada produk SOPP PT. Pos Indonesia (Persero) Malang terbagi menjadi dua yaitu essential evidence yang berkaitan dengan tata letak ruangan kantor pos dan peripheral evidence yang berkaitan dengan perangkat pendukung SOPP seperti hardware software printer dan resi/bukti transaksi. (7) Process pada produk SOPP PT. Pos Indonesia (Persero) Malang berkaitan dengan waktu yang diperlukan untuk melayani pelanggan dan waktu yang diperlukan untuk rekonsiliasi/validasi semua hasil transaksi harian antara PT. Pos Indonesia (Persero) Malang dengan perusahaan mitra. (8) Layanan pelanggan yang diberikan SOPP PT. Pos Indonesia (Persero) terbatas pada saat transaksi. Analisis SWOT yang dapat dipertimbangkan sebagai acuan dalam penerapan System Online Payment Point (SOPP) pada PT.Pos Indonesia (Persero) Malang yaitu (1) Strength/kekuatan yang dimiliki produk SOPP PT. Pos Indonesia (Persero) Malang yang terdiri dari usia dan kredibilitas status BUMN penggunaan teknologi up to date kepemilikan jaringan yang kuat dan jalinan kerjasama yang telah terwujud dengan perusahaan mitra. (2) Weaknesses/kelemahan yang dimiliki produk SOPP PT. Pos Indonesia (Persero) Malang yang terdiri dari segi gangguan teknis yang masih terjadi dan kurangnya essential evidenceuntuk meyakinkan konsumen. (3) Opportunity/peluang yang dihadapi produk SOPP PT. Pos Indonesia (Persero) Malang yang terdiri dari kesempatan kerjasama baru optimalisasi layanan pembaharuan teknologi dan petimbangan calon pelanggan untuk beralih memanfaatkan produk SOPP PT. Pos Indonesia (Persero) Malang. (4) Threats/ancaman yang dihadapi produk SOPP PT. Pos Indonesia (Persero) Malang yang terdiri dari kemungkinan munculnya bentuk layanan sejenis dari perusahaan pesaing maupun perusahaan mitra. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah agar PT. Pos Indonesia (Persero) Malang dapat menciptakan sinergi antara analisis SWOT dan penerapan bauran pemasaran jasa produk SOPP demi mencapai tujuan PT. Pos Indonesia (Persero) Malang. Salah satunya adalah dengan cara meningkatkan kualitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272108

Actions (login required)

View Item View Item