Deni Ayyubilluthfi (2008) Strategi produk pada rumah makan ayam bakar Wong Solo Cabang Malang / Deni Ayyubilluthfi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Semakin meningkatnya kebutuhan manusia (konsumen) dan seiring dengan berkembangnya teknologi maka perlu adanya penyediaan sarana dan prasarana. Dalam persaingan dunia usaha perusahaan dituntut agar mampu bersaing dan menciptakan produk yang memiliki kualitas yang lebih baik serta berstrategi dalam menarik konsumen. Pelaksanaan strategi yang dilakukan oleh perusahaan adalah beraneka ragam diantaranya strategi produk strategi penetapan harga strategi distribusi strategi promosi. Dari berbagai strategi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut maka perusahaan harus menetapkan kebijakan yang berhubungan dengan salah satu strategi tersebut. Salah satu strategi yang dilakukan perusahaaan dalam upaya untuk memksimalkan penjualan adalah stategi produk. Tujuan dari penulisan ini adalah (1) untuk mengetahui pelaksanaan strategi produk pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang. (2) Faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pelaksanaan strategi produk pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang. (3) Keunggulan bersaing/kompetisi pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang. Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang dirintis tahun 1991 oleh Poespo Wardoyo. Manajemen perusahaan kini telah menerapkan bisnis waralaba didalam pengembangan usahanya. Pelaksanaan PKL dilaksanakan kurang lebih selama 1 bulan dimulai tanggal 25 Januari sampai dengan 25 Pebruari 2007 dan ditempatkan dibagian customer service yang berhubungan langsung dengan konsumen. Pelaksanaan Strategi Produk pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang meliputi. Segmennya adalah masyarakat yang tinggal di daerah Malang Batu dan Kepanjen yang berpenghasilan menengah keatas dan menyukai masakan tradisional Jawa. Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Memposisikan dirinya sebagai Top Leader dalam industri rumah makan jenis Java Specially Restaurant. Pelaksanaan Strategi Produk pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Malang meliputi (1) Perluasan Product Mix (2) Difersifikasi Layanan. Selain itu Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo juga mengutamakan atribut produk yang merupakan tindak lanjut dari produk dan guna mempertahankan pertumbuhan produk atribut produk adalah unsur- unsur produk yang dipandang penting oleh konsumen dan dijadikan dasar pengambilan keputusan pembelian. Adapun atribut produk yang diterapkan oleh Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo antara lain (1) Merek (2) Kemasan (3) Pemberian Label (4) Layanan Pelengkap (5) Jaminan. Faktor yang mendukung pelaksanaan strategi produk pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo adalah (1) Diferensiasi produk (2) Diversifikasi pelayanan (3) Merek Ayam Bakar Wong Solo yang sudah mempunyai bargain di pasaran (4) Jaminan Halalan Thayyiban dalam pelaksanaan bisnisnya (5) Label Indonesia Cuisine ciri khas dari Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo (6) Standarisasi bahan baku dan produk (7) Kemasan yang menarik (8) Citarasa khas Solo. Sedangkan faktor penghambatnya adalah (1) Barang yang dijual tergolong bahan yang tidak tahan lama (2) Kondisi ekonomi masyarakat (3) Lokasi dan sistem pergudangan yang kurang memadai.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Mar 2008 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2008 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/272107 |
Actions (login required)
View Item |