Mochammad Asrul Shani (2008) Strategi diferensiasi produk (kajian kelebihan, kekurangan, dan solusi) pada AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Malang Celaket / Mochammad Asrul Shani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Saat ini banyak perusahaan lembaga keuangan yang berlomba-lomba dengan banyak cara untuk menjaring calon nasabah salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi diferensiasi produk. Strategi diferensiasi produk adalah salah satu cara terjitu untuk menonjolkan keunikan yang menjadi keunggulan sebuah produk perusahaan. Selain itu strategi diferensiasi produk juga bertujuan untuk membedakan produk kita dengan produk pesaing dengan mengubah sebagian atau semua bagian dari elemen sebuah produk untuk menciptakan daya tarik bagi calon nasabah. Strategi diferensiasi produk yang tepat dapat dilakukan jika perusahaan dapat melihat dengan jeli terhadap suatu permasalahan dalam masyarakat yang memerlukan sebuah solusi. Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi diferensiasi produk yang dijalankan AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Celaket dalam usahanya untuk meningkatkan jumlah nasabah dan mengetahui keunikan-keunikan setiap produk yang ditawarkan. Dalam penulisan laporan Praktek Kerja Lapangan penulis mengutarakan hasil dari Praktek Kerja Lapangan yang menemukan adanya penerapan strategi diferensiasi produk asuransi milik AJB Bumiputera 1912. Diferensiasi produk tersebut terletak pada keunikan dalam menjamin keuntungan minimal dana investasi yang diperoleh nasabah yang dikenal dengan semi unit link. Keberhasilan AJB Bumiputera 1912 dalam merancang diferensiasi produk ini begitu baik karena sampai sekarang belum ada perusahaan lembaga keuangan lainnya yang berani tampil menyamai atau bahkan mengungguli semi unit link yang seperti diterapkan kepada enam produk asuransi investasi yaitu Mitra Oetama Mitra Poesaka Mitra Cerdas Mitra Sehat Mitra Permata dan Mitra Melati. Semi unit link memberikan garansi keuntungan minimal untuk produk asuransi mata uang dollar sebesar 1 25% per tahun dan garansi keuntungan minimal untuk produk asuransi mata uang rupiah sebesar 4 50% per tahun. Salah satu kesimpulan dari strategi diferensiasi produk AJB Bumiputera 1912 berusaha memetahkan anggapan calon nasabah bahwa menjadi nasabah asuransi sekarang ini bukanlah suatu kerugian dan dengan semi unit link AJB Bumiputera 1912 menepis anggapan High Risk High Reaten karena semi unit link ini memperkecil resiko kerugian nasabah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Mar 2008 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2008 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/272105 |
Actions (login required)
View Item |