Luluk Suryani Dewi (2008) Pelaksanaan strategi diversifikasi produk dalam rangka meningkatkan jumlah pengunjung pada taman belajar dan rekreasi Jawa Timur Park (Jatim Park) Batu / Luluk Suryani Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Banyaknya persaingan antar sesama peerusahaan dalam suatu negara maka akan tercipta kualitas produk yang semakin baik dan mendorong efisiensi dalam produksinya. Salah satu langkah konkrit yang harus dilaksanakan oleh perusahaan adalah dengan menggunakan pemasaaran sebagai media untuk mempertahankan sekaligus mengembanngkan perusahaannya. Pemasaran memegang peranan penting dalam kegiatan usaha. Perusahaan harus berupaya memenangkan persaingan dengan menemukan strategi pemasaran baru yang tepat. Jatim park merupakan salah satu obyek wisata yang memadukan secara serasi antara konsep pendidikan dan konsep pariwisata dalam satu waktu yang telah melaksanakan strategi diversifikasi produk sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan jumlah kunjungan mengejar pertumbuhan perusahaan serta meningkatkan laba perusahaan. Dalam penyusunan tugas akhir yang diawali dengan kegiatan PKL penulis berusaha untuk mengetahui (1) Bagaimana pelaksanaan diversifikasi produk pada Jatim Park (2) Manfaat diversifikasi produk pada Jatim Park dan (3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan diversifikasi produk pada Jatim Park. PKL dilaksanakan di Jatim Park dimulai tanggal 1 September sampai dengan 30 September 2007. Dalam pelaksanaan PKL di Jatim Park didapatkan bahwa (1) Pelaksanaan strategi diversifikasi produk pada Jatim Park adalah diversifikasi konsentris dan diversifikasi horizontal (2) Manfaat diversifikasi produk pada Jatim Park yaitu memperkecil resiko kerugian memperluas pasar mengurangi kebosanan konsumen dan meningkatkan omzet penjualan (3) Faktor pendukung pelaksanaan diversifikasi produk Jatim Park meliputi adanya kualitas produk yang baik adanya modal yang cukup besar mempunyai ide-ide yang kreatif ada sikap tanggap terhadap masalah waktu pengembangannya yang relatif cepat. Sedangkan faktor penghambatnya harga tiket yang mahal waktu pengem-bangannya yang cepat sehingga produk kurang memuaskan konsumen dan tenaga pemandu yang kurang profesional. Kesimpulan yang didapat penulis adalah Jatim Park sudah melaksanakan strategi diversifikasi produk meskipun belum maksimal dengan beberapa faktor yang menjadi pendukung dan penghambat diversifikasi produk yang meliputi (1) kualitas produk (2) harga tiket (3) waktu pengembangan yang cepat (4) kemampuan pengembangan (5) dan lain-lain. Beberapa saran yang diharapkan dapat meningkatkan volume pengunjung di Jatim Park adalah (1) meningkatkan kualitas pelayanan dan kuantitas SDM dengan memberikan pelatihan-pelatihan kepada karyawan seperti workshop agar konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan (2) meningkatkan strategi yang telah digunakan agar produk yang ditawarkan lebih efektif dan tepat sasaran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Mar 2008 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2008 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/272104 |
Actions (login required)
View Item |