Whisye Julhita Murnias Nonrahana (2008) Pelaksanaan strategi bauran promosi pada Gama Ayam Goreng & Steak Cabang Kalpataru Malang / Whisye Julhita Murnias Nonrahana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Promosi merupakan sebuah upaya cara ataupun kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan produsen maupun pemasar untuk menginformasikan produk barang/jasa yang dihasilkannya kemudian mempengaruhi dan membujuknya agar konsumen tersebut tertarik untuk membeli mengkonsumsi serta menggunakannya. Kegiatan ini merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran. Betapapun berkualitasnya suatu produk bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk itu akan berguna baginya nanti maka tidak akan membelinya. Tujuan utama dari promosi ini adalah menginformasikan kepada konsumen agar mealakukan pembelian terhadap barang yang ditawarkan. Jenis promosi yang sering digunakan dinamakan bauran promosi. Bauran promosi adalah serangkaian upaya yang dilakukan oleh perusahaan dalam mempromosikan produknya dengan elemen-elemen didalamnya adalah periklanan promosi penjualan hubungan masyarakat dan piblisitas dan penjualan perseorangan. Dalam penyusunan tugas akhir yang dimulai dari PKL yang dilaksanakan di Gama Ayam Goreng Steak cabang Kalpataru Malang pada tanggal 2 September 2007 sampai dengan 3 Oktober 2007 penulis berusaha untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi bauran promosi di Gama ayam Goreng Steak cabang Kalpataru Malang Strategi manakah yang banyak diterapkan oleh Gama serta faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi bauran promosi tersebut. Hasil pengamatan yang dilakukan menunjukkan bahwa Gama melaksanakan tiga dari keempat elemen bauran promosi yaitu periklanan promosi penjualan dan hubungan masyarakat dan publisitas. Dimana strategi yang paling efektif dan sering digunakan adalah strategi hubungan masyarakat yaitu sponsorship Dari hasil pengamatan di Gama dapat dijelaskan bahwa strategi bauran promosi yang diterapkan sudah efektif karena disesuaikan dengan situasi dan kondisi perusahaan sehingga tujuan dari penggunaan promosi itu dapat dicapai. Sedangkan saran-saran yang dapat penulis berikan antara lain (1) perusahaan harus mengevaluasi dan memperhitungkan dari sekian banyak media promosi yang digunakan manakah yang paling efektif dan tepat sasaran. Menurut penulis strategi yang paling tepat digunakan adalah strategi hubungan masyarakat dan publisitas karena biaya yang dikeluarkan relatif kecil dan dapat menjangkau seluruh pangsa pasar (2) Penggunaan strategi promosi juga tidak hanya terbatas pada strategi yang itu saja karena persaingan yang sangat ketat maka dibutuhkan strategi yang lain yang disesuaikan dengan kondisi perusahaan dan juga kondisi pasar sehingga diharapakan kegiatan pemasaran khususnya promosi dapat memperoleh hasil yang maksimal. Misalnya pada peringatan ulang tahun Gama yang akan datang diadakan acara open house untuk semua kalangan. Dalam acara tersebut Gama mempromosikan produknya (yang memiliki ciri khas sendiri dalam rasa) dengan harapan para pelanggan tertarik untuk mencicipi masakan tersebut. Disarankan dalam acara ini pihak Gama memberikan harga khusus sehingga para pelanggan tidak ragu merogoh saku untuk membeli produk tersebut. Tujuan utama strategi ini untuk memperkenalkan citarasa khas yang dimiliki Gama sehingga terjadi pembelian berulang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 01 Apr 2008 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2008 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/272103 |
Actions (login required)
View Item |