Strategi meningkatkan penghimpunan dana tabungan batara melalui optimalisasi debitur KPR pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang / Ema Luluk Masita - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi meningkatkan penghimpunan dana tabungan batara melalui optimalisasi debitur KPR pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang / Ema Luluk Masita

Ema Luluk Masita (2008) Strategi meningkatkan penghimpunan dana tabungan batara melalui optimalisasi debitur KPR pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang / Ema Luluk Masita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tabungan sebagai salah satu produk dana bank dan memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini dikarenakan simpanan dana tabungan banyak dimanfatkan dalam berbagai pembiayaan kegiatan operasional bank maupun disalurkan pada masyarakat dalam bentuk kredit. Untuk itu diperlukan strategi yang ditujukan pada upaya meningkatkan penyimpanan dana. Adapun salah satu alternatif yang tepat adalah dengan melihat peluang untuk meningkatkan simpanan yakni dengan cara mengoptimalkan debitur KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Penelitian ini dilakukan di PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang tanggal 6 September sampai 31 Oktober 2007. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan penghimpunan dana melalui optimalisasi debitur KPR pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang. Pemilihan objek penelitian ini berdasarkan pertimbangan bahwa pada rekening nasabah tabungan batara PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang menunjukkan permasalahan pada minimnya simpanan dana nasabah tabungan batara yang sekaligus sebagai debitur KPR. Data yang dilihat khususnya pada sisi kolektifibilitas lancar yang hampir keseluruhan nasabah mempunyai saldo minimum. Penyebabnya adalah pada prosedur KPR yang salah satu persyaratannya adalah dengan menjadi nasabah tabungan batara. Namun persyaratan tersebut hanya dijadikan sebagai sistem prosedural dalam mendapatkan KPR sehingga nasabah tidak memiliki keinginan untuk menyimpan dananya dalam jumlah besar. Penelitian ini menggunakan data primer dengan mendiskripsikan data yang didapat dari penelitian. Pemaparan data terdiri dari posisi dana dan nasabah tabungan batara serta jumlah debitur KPR PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang periode 2005-2006. Hasil penelitian ini berupa evaluasi strategi atas peluang yang ditimbulkan dari permasalahan yang dibahas yang dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan dana simpanan masyarakat melalui optimalisasi debitur pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang. Dengan penelitian ini maka diharapkan dapat didapatkan alternatif dalam mengoptimalkan debitur yang akhirnya terimplementasi pada besarnya tingkat simpanan dana nasabah tabungan batara dan untuk melaksanakan perbaikan dalam sistem informasi keunggulan tabungan Batara kepada nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > D3 Manajemen Pemasaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jun 2008 04:29
Last Modified: 09 Sep 2008 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272085

Actions (login required)

View Item View Item