Perancangan motion comic sebagai media informasi tentang sindrom fomo pada remaja / Siti Kurnia Indah Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan motion comic sebagai media informasi tentang sindrom fomo pada remaja / Siti Kurnia Indah Safitri

Safitri, Siti Kurnia Indah (2021) Perancangan motion comic sebagai media informasi tentang sindrom fomo pada remaja / Siti Kurnia Indah Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media sosial merupakan media yang dapat dimanfaatkan untuk mendapat informasi serta untuk berkomunikasi dengan orang lain. Perkembangan teknologi membuat media sosial digemari khususnya oleh remaja. Penggunaan media sosial yang tidak dikontrol dikhawatirkan akan menimbulkan terjadinya sindrom FoMO (Fear of Missing Out). Berkaitan dengan hal tersebut informasi terkait sindrom FoMO dan cara mengatasinya (JoMO) diaplikasikan kedalam media comic motion agar informasi dapat diterima pemirsa dengan lebih mudah. Motion comic ini dirancang sebagai media informasi tentang sindrom FoMO (Fear of Missing Out) serta penanganannya dengan JoMO (Joy of Missing Out). Style gambar yang digunakan dalam motion comic ini menggunakan style manhwa. Perancangan ini menggunakan model prosedural yang terdiri pra ndash produksi (ide dan konsep pengumpulan data dan referensi script dan desain karakter) produksi (sketching dubbing animatic storyboard lining coloring dan animating) pasca produksi (compositing editing rendering publishing dan uji media). Hasil perancangan motion comic ini dipublikasikan melalui platform youtube dengan durasi 10 menit 28 detik serta memiliki resolusi 3840 x 2160 pixel (4K). Berdasarkan hasil survey pada 38 responden usia 13 ndash 24 tahun menggunakan skala linkert motion comic ini dinilai sangat baik dengan posentase sebesar 88 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > D3 Game Animasi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Mar 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/272010

Actions (login required)

View Item View Item