Kasimbara, Rachma Putri (2022) Pemasaran pendidikan perguruan tinggi swasta di malang (studi multi kasus pada Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Universitas Islam Malang (UNISMA) dan Universitas Merdeka Malang (UNMER)) / Rachma Putri Kasimbara. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pemasaran merupakan sesuatu yang sangat diperlukan oleh suatu lembaga pendidikan. Istilah ldquo marketing rdquo seringkali kita mengaitkan dengan dunia bisnis. Hal ini wajar karena istilah ldquo marketing rdquo ini seringkali muncul dan berkembang di kalangan bisnis baik bisnis manufaktur maupun jasa. Pemasaran jasa pendidikan sangat mutlak diperlakukan agar meyakinkan masyarakat dan pelanggan jasa pendidikan bahwa perguruan tinggi yang dikelola masih memiliki eksistensi. Masyarakat dan pelanggan jasa pendidikan bahwa jasa pendidikan dilakukan relevan dengan kebutuhan mereka. Pemasaran jasa pendidikan perlu dilakukan agar dikenal dan dipahami oleh masyarakat terutama pelanggan jasa pendidikan. Pemasaran jasa pendidikan perlu dilakukan agar eksistensi lembaga tidak ditinggalkan oleh masyarakat dan calon mahasiswa yang potensial. Fokus penelitian ini meliputi (1) manajemen pemasaran pendidikan (2) struktur organisasi tim pemasaran pendidikan (3) model pemasaran pendidikan (4) strategi pemasaran pendidikan dan (5) luaran pemasaran pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Universitas Islam Malang (UNISMA) dan Universitas Merdeka Malang (UNMER). Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk menganalisa secara mendalam tentang manajemen pemasaran pendidikan (2) untuk mengetahui dan menganalisa struktur organisasi pemasaran pendidikan (3) untuk memeriksa secara mendalam model pemasaran pendidikan (4) untuk memeriksa secara mendalam strategi pemasaran pendidikan yang dilakukan oleh tim pemasaran pendidikan dan (5) untuk menemukan luaran pemasaran pendidikan di UMM UNISMA dan UNMER. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan studi multi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dokumentasi dan wawancara. Analisis data pada kasus individual menggunakan model alur Miles Hubermen dan Saldana (2014) ialah data collection data condensation data display dan conclusion drawing/ veryfying sedangkan analisis data lintas kasus dengan menggunakan analisis perbandingan antar kasus sebagaimana yang direkomendasikan oleh Yin (2002). Keabsahan data dengan teknik credibility transferability depandability dan confirmability. Lokasi penelitian adalah Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Universitas Islam Malang (UNISMA) dan Universitas Merdeka Malang (UNMER). Temuan penelitian ini (1) manajemen pemasaran pendidikan berpatok pada visi dan misi (2) struktur organisasi pemasaran pendidikan di UMM UNISMA dan UNMER sudah cukup baik (3) pemasaran pendidikan di UMM UNISMA dan UNMER menggunakan model Tangible dan Intangible marketing (4) strategi pemasaran pendidikan di UMM UNISMA dan UNMER secara offline dan online marketing dan (5) luaran yang dihasilkan tim pemasaran pendidikan di UMM terjadi peningkatan jumlah mahasiswa baru UNISMA terjadi penurunan jumlah mahasiswa baru dan UNMER terjadi peningkatan jumlah mahasiswa baru. Implementasi pemasaran Pendidikan yang telah diterapkan di beberapa perguruan tinggi swasta di Malang (UMM UNISMA dan UNMER) sudah berjalan cukup baik. Hal ini berdasarkan beberapa hasil penelitian sebagai berikut Program-program di UMM UNMER dan UNISMA dijadikan sebagai strategi unggulan dalam memasarkan kampus agar lebih dikenal masyarakat karena kualitas produknya (branding). PTS-PTS ini memiliki beragam program yang dilaksanakan secara konsisten sehingga menjadi pembeda dengan kampus pesaing lainnya. Ketersediaan sumber daya manusia di UMM UNISMA dan UNMER cukup untuk dilibatkan dalam kegiatan promosi dan kehumasan agar kegiatan pemasaran berjalan dengan baik. Kegiatan promosi yang dilakukan mulai dari pembuatan spanduk baliho spanduk kampus website dan brosur serta promosi yang dilakukan di media online. Hal ini cukup efektif untuk diketahui oleh masyarakat. Keberhasilan dalam mencitrakan suatu lembaga pendidikan tidak lepas dari implementasi strategi pemasaran lembaga pendidikan tersebut. Strategi pemasaran memiliki dampak dan keterlibatan terhadap citra sebuah lembaga pendidikan. Implementasi strategi pemasaran pendidikan di UMM dengan diterapkannya strategi pemasaran di UMM memberikan dampak positif yaitu tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi semakin tinggi. Menjalin kerjasama dengan banyak pihak memberikan kontribusi positif bagi citra institusi. UNISMA sebagai kampus yang mulai dikenal harus fokus pada beberapa variabel yang menciptakan citra. Keterlibatan strategi pemasaran dalam pencitraan sebuah lembaga pendidikan berdampak pada keberhasilan sebuah lembaga. Keberhasilan dalam mencitrakan suatu lembaga pendidikan tidak lepas dari implementasi strategi pemasaran lembaga pendidikan tersebut. Strategi pemasaran memiliki dampak dan keterlibatan terhadap citra sebuah lembaga pendidikan serta penerapan strategi pemasaran pendidikan di UNMER juga memberikan dampak positif bagi institusi yaitu tingkat kepercayaan masyarakat terhadap institusi semakin tinggi. Hal ini perlu diimbangi dengan strategi pemasaran yang tepat. Dalam membentuk citra yang baik dalam suatu institusi khususnya di sini adalah UNMER fungsi pemasaran mutlak diperlukan.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/271822 |
Actions (login required)
View Item |