Madyarini, Misti (2022) Pengembangan video materi menulis teks eksposisi bagi siswa SMK Teknik kendaraan ringan dan otomotif Kelas X / Misti Madyarini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pada saat ini pembelajaran banyak dilaksanakan dengan memanfaatkan kecanggihan alat elektronik. Hal ini dilakukan sejak diberlakukannya pembatasan kegiatan pembelajaran secara langsung karena wabah Covid-19 sehingga kegiatan belajar mengajar dilakukan secara tidak langsung. Berdasarkan situasi yang dihadapi tersebut para pendidik dan praktisi pendidikan dituntut untuk mengatasi permasalahan seperti pembuatan bahan ajar dengan memanfaatkan teknologi. Bahan ajar harus sesuai dan memadai agar dapat digunakan secara maksimal dan mempermudah pendidik dalam melaksanakan pembelajaran serta membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu media yang dapat digunakan adalah video pembelajaran. Pengembangan video pembelajaran didasari atas analisis kebutuhan dan analisis silabus berdasarkan kurikulum untuk mewujudkan bahan ajar yang sesuai dengan kemampuan peserta didik kelas X Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif (TKRO). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan video materi pembelajaran menulis teks eksposisi bagi peserta didik kelas X SMK Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif (TKRO). Penelitian menggunakan model penelitian ADDIE dengan lima tahapan pengembangan yaitu analisis perancangan pengembangan implementasi dan evaluasi. Validasi ahli dalam penelitian ini terdiri dari satu ahli materi satu ahli media dan dua praktisi. Impelementasi produk dilakukan di kelas X Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif (TKRO) dengan 40 peserta didik. Data yang dikumpulkan dibagi menjadi dua bagian yaitu data verbal dan data numerik. Data verbal dikumpulkan dalam bentuk saran tentang video pembelajaran yang dikembangkan. Data numerik dikumpulkan dalam bentuk skor validasi untuk menentukan kelayakan video pembelajaran. Berdasarkan penilaian kelayakan produk video pembelajaran dari ahli materi diperoleh skor 89% ahli media 89 4% praktisi pertama 96% dan praktisi kedua 82%. Selain itu juga didapatkan penilaian keefektifan berdasarkan angket respon peserta didik saat uji produk kepada 40 peserta didik dengan diperoleh skor rata-rata 90 4%. Produk yang dihasilkan berupa video pembelajaran dengan tema otomotif sesuai dengan kejuruan peserta didik kelas X Teknik Kendaraan Ringan dan OTomotif (TKRO). Isi produk disesuaikan dengan materi teks eksposisi yang di dalamnya berisi penjelasan langkah-langkah dalam merancang teks eksposisi. Peserta didik memahami langkah penulisan struktur teks mulai tesis argumen hingga penegasan ulang. Kekhasan dari segi bahasa yang digunakan dalam menulis teks eksposisi berupa kalimat pernyataan. Selain itu struktur penggunaan produk dijelaskan dalam video pembelajaran secara runtut mulai memahami isi teks struktur kebahasaan latihan hingga penugasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan validasi ahli materi ahli media dan praktisi produk dinyatakan sangat layak dan dapat diujicobakan kepada peserta didik kelas X Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif (TKRO). Sementara itu produk yang diujicobakan kepada peserta didik mendapatkan penilaian sangat efektif dari hasil angket respon peserta didik. Dengan demikian video pembelajaran ini sesuai untuk pembelajaran menulis teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/271753 |
Actions (login required)
View Item |