Pengembangan bahan ajar menulis puisi berwawasan gender siswa kelas x smk negeri 1 gedangan malang / GEMI DWI JAYANTI - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar menulis puisi berwawasan gender siswa kelas x smk negeri 1 gedangan malang / GEMI DWI JAYANTI

Jayanti, Gemi Dwi Jayanti (2022) Pengembangan bahan ajar menulis puisi berwawasan gender siswa kelas x smk negeri 1 gedangan malang / GEMI DWI JAYANTI. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bahan ajar digunakan oleh guru sebagai salah satu suplemen untuk mencapai tujuan pembelajaran. Di beberapa sekolah yang digunakan untuk observasi lapangan guru memilih untuk menggunakan buku teks yang disusun oleh pemerintah sebagai bahan ajar agar mempermudah pembelajaran. Pembelajaran di kelas membutuhkan bahan ajar lain yang dapat menunjang buku teks dari pemerintah untuk mencapai tujuan pembelajaran yang masih belum tercapai. Berdasarkan telaah pada buku teks dari pemerintah pembelajaran menulis yang masih belum mampu mencapai tujuan pembelajaran adalah pembelajaran menulis puisi. Pada pembelajaran menulis puisi terdapat tahapan-tahapan yang harus dilakukan secara sistematis. Namun di dalam buku teks dari pemerintah yang digunakan guru masih belum memuat tahapan-tahapan menulis puisi. Puisi mencerimankan perasaan pengalaman pemikiran penyair tentang kehidupan dan diungkapkan lewat bentuk tertentu sesuai dengan pengendapan fungsi bahasa masing-masing (Sayuti 2002 37). Realitas kehidupan yang sedang banyak dibicarakan beberapa tahun ini dan dapat dijadikan sebagai tema puisi adalah isu gender. Gender berkaitan dengan proses keyakinan tentang bagaimana laki-laki dan perempuan berperan dan bertindak sesuai dengan nilai-nilai yang terstruktur ketentuan sosial dan budaya. Penelitian pengembangan ini memiliki dua tujuan yaitu (1) menghasilkan bahan ajar menulis puisi berwawasan gender siswa kelas X SMK Negeri 1 Gedangan dan (2) memaparkan identifikasi kelayakan bahan ajar menulis puisi berwawasan gender berdasarkan deskripsi isi sistematika penyajian kekomunikatifan dan kemenarikan yang sudah diuji kelayakannya. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Borg amp Gall yang telah dimodifikasi menjadi tujuh tahapan yaitu (1) pengumpulan informasi awal (2) perencanaan (3) pengembangan bentuk awal produk (4) uji ahli (5) revisi produk (6) uji lapangan dan (7) revisi produk akhir. Uji coba produk bahan ajar menulis puisi berwawasan gender dilakukan melalui tiga tahap uji yakni (1) uji ahli (2) uji coba praktisi/guru dan (3) uji lapangan terbatas. Uji ahli dilakukan dengan dua orang ahli yakni ahli pembelajaran menulis dan ahli pengembang bahan ajar. Uji coba praktisi dilakukan dengan guru pelajaran bahasa Indonesia kelas X dan uji lapangan terbatas dilakukan dengan siswa kelas X Akuntansi 2 SMKN 1 Gedangan Malang. Deskripsi isi yang diperoleh dari hasil uji ahli pembelajaran mendapatkan skor rata-rata 80% ahli pengembang bahan mendapatkan skor rata-rata 84% praktisi mendapatkan skor rata-rata 86% sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tergolong layak untuk diimplementasikan dengan sedikit revisi pada kategori deskripsi isi bahan ajar. Deksripsi sistematika bahan ajar yang diperoleh dari hasil uji ahli pembelajaran mendapatkan skor rata-rata 75% ahli pengembang bahan ajar mendapatkan skor rata-rata 94% praktisi mendapatkan skor rata-rata 88% sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tergolong layak untuk diimplementasikan dengan sedikit revisi pada kategori sistematika bahan ajar. Deskripsi bahasa bahan ajar yang diperoleh dari hasil uji ahli pembelajaran sastra mendapatkan skor rata-rata 94% ahli pengembang bahan ajar mendapatkan skor rata-rata 88% praktisi mendapatkan skor rata-rata 81% sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tergolong layak untuk diimplementasikan dengan sedikit revisi pada kategori bahasa bahan ajar. Deskripsi tampilan bahan ajar yang diperoleh dari hasil uji ahli pembelajaran sastra mendapatkan skor rata-rata 84% ahli pengembang bahan ajar mendapatkan skor rata-rata 88% praktisi mendapatkan skor rata-rata 88% sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tergolong layak untuk diimplementasikan dengan sedikit revisi pada kategori tampilan bahan ajar. Uji lapangan terbatas diperoleh data keseluruhan persentase hasil uji kelayakan sebesar 89% dari hasil rata-rata skor jawaban siswa. Dengan demikian tindak lanjut dari bahan ajar yang dikembangkan adalah layak diimpelentasikan. Uji efektivitas pada produk bahan ajar menulis puisi berwawasan gender dilakukan melalui empat tahap yaitu (1) kelayakan data deskriptif (2) kelayakan uji normalitas (3) kelayakan uji homogenitas dan (4) kelayakan uji-t. Pada kelayakan data deskriptif pretest eksperimen yang berjumlah 33 siswa memperoleh nilai terendah 63 nilai tertinggi 88 nilai rata-rata 76 67 dan standar deviasi 6 406. Data postest eksperimen setelah diberi perlakuan berupa produk bahan ajar diperoleh nilai terendah 70 nilai tertinggi 90 nilai rata-rata 79 15 dan standar deviasi 5 013. Pada uji normalitas diperoleh nilai signifikansi data pretest sebesar 0 663 dan nilai signifikansi data postest sebesar 0 275 sehingga dapat disimpulkan bahwa populasi data berdistribusi normal. Pada kelayakan uji homogenitas yang didapat dari nilai pretest dan postest diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 133 ehingga dapat disimpulkan bahwa varian data pretest dan varian data postest dalam kelas adalah sama atau homogen. Pada kelayakan uji-t diperoleh nilai signifikansi sebesar 0 000 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada saat pretest dan pada saat postest. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh produk bahan ajar menulis puisi berwawasan gender terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis puisi. Saran yang dapat diberikan dari penelitian dan pengembangan ini dapat diberikan kepada guru SMK pengembang lain dan saran implementasi. Bagi guru mata pelajaran bahasa Indonesia produk ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk mengembangkan bahan ajar yang serupa atau memanfaatkan bahan ajar ini sebagai pendamping buku mata pelajaran bahasa Indonesia dari pemerintah. Bagi pengembang lain produk ini dapat digunakan sebagai pedoman untuk penelitian yang menghasilkan produk yang berguna dalam kegiatan pembelajaran baik di sekolah maupun di luar sekolah. Penyebarluasan bahan ajar dapat dilakukan pada lingkup terkecil terlebih dahulu yaitu perpustakaan sekolah. Selain pada perpustakaan sekolah implementasi produk bahan ajar juga dapat dilakukan dengan mempublikasikan pada jurnal penelitian bertaraf nasional ataupun internasional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/271746

Actions (login required)

View Item View Item