Arta, Maidika (2022) Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif (athletic sports choaching) untuk meningkatkan kemampuan belajar olahraga atletik siswa cerebral palsy di SMP Diponegoro Batu. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Dalam pembelajaran PJOK pada Sekolah Menengah Pertama memiliki beberapa materi pembelajaran salah satunya materi olahraga atletik ldquo sprint rdquo adalah merupakan salah satu olahraga cabang atletik lari jarak pendek atau sprint adalah jenis dari olahraga yang dilakukan dengan mengandalkan kecepatan dan kekuatan otot kaki kecepatan diperlukan sepanjang garis lintasan dari start hingga finish. Keterbatasan siswa cerebral palsy di SMP Diponegoro Batu dengan kemampuan yang lemah dan kelainan fungsi mobilisasi sehingga mengakibatkan siswa yang mengalami cerebral palsy kesulitan untuk mengikuti kegiatan olahraga atletik hal ini menjadi salah satu faktor penghambat siswa dalam memahami materi olahraga atletik. Tujuan dari penelian ini adalah (1) Mendiskripsikan kemampuan memahami materi olahraga atletik siswa cerebral palsy di SMP Diponegoro Batu sebelum menggunakan media pembelajaran interaktif olahraga atletik (2) Mendiskripsikan kemampuan memahami materi olahraga atletik siswa cerebral palsy di SMP Diponegoro Batu sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif olahraga atletik (3) Mendiskripsikan adanya pengaruh media pembelajaran interaktif olahraga atletik terhadap kemampuan olahraga atletik siswa cerebral palsy di SMP Diponegoro Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian Single Subject Research (SSR) desain penelitian A-B-A. Subjek penelitian ini adalah QH (14 tahun). Pengumpulan data dilakukan dengan test soal evaluasi kemampuan menyelesaikan materi olahraga atletik kemudian analisis dengan rumus presentase. Hasil yang telah diperoleh dari penelitian ini adalah (1) mean level kemampuan menyelesaikan materi olahraga atletik siswa cerebral palsy pada fase baseline-1 sebesar 42% (2) mean level kemampuan menyelesaikan materi olahraga atletik siswa cerebral palsy pada fase intervensi sebesar 90% (3) mean level kemampuan menyelesaikan materi olahraga atletik siswa cerebral palsy pada fase baseline-2 sebesar 82% (4) terdapat pengaruh media pembelajaran interaktif (Athletic Sports Coaching) terhadap kemampuan menyelesaikan materi olahraga atletik siswa cerebral palsy. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dari fase baseline-1 ke fase intervensi hal ini dipengaruhi oleh adanya media pembelajaran interaktif (Athletic Sports Coaching) dalam pembelajaran olahraga atletik pada siswa cerebral palsy di SMP Diponegoro Batu. Saran dalam penelitian ini ditujukan kepada (1) kepala sekolah dapat mengadakan pelatihan guru dalam menciptakan media pembelajaran yang inovatif (2) guru olahraga menggunakan media pembelajaran interaktif (Athletic Sports Coaching) sebagai bahan pembelajaran olahraga atletik (3) peneliti selanjutnya dapat melanjutkan penelitian dengan media pembelajaran interaktif (Athletic Sports Coaching) tidak terbatas hanya pada materi olahraga atletik namun olahraga atletik lainnya seperti berjalan berlari melompat dan melempar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Biasa(PLB) > S2 Pendidikan Khusus |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 03:44 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/271745 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |