Pengembangan media bimbingan pribadi untuk pengenalan dan akomodasi emosi berbasis multimedia kepada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Malang / Indria Syaputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media bimbingan pribadi untuk pengenalan dan akomodasi emosi berbasis multimedia kepada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Malang / Indria Syaputri

Syaputri, Indria (2010) Pengembangan media bimbingan pribadi untuk pengenalan dan akomodasi emosi berbasis multimedia kepada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Malang / Indria Syaputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pengembangan Media Bimbingan Pribadi Pengenalan dan Akomodasi Emosi dan Multimedia Pelaksanaan bimbingan dan konseling sangat memperhatikan perkembangan peserta didik diantaranya kematangan emosi siswa. Oleh karena itu peran konselor sangat penting dalam pemberian bimbingan pribadi tentang pengenalan dan akomodasi emosi terutama bagi remaja awal di SMP. Beberapa cara dalam pemberian layanan bimbingan adalah dengan ceramah dan permainan sederhana. Agar pemberian layanan bimbingan menjadi bermakna dan mencapai kompetensi yang diinginkan adalah dengan menggunakan multimedia yaitu Macromedia Flash MX. Olah karena itu dilakukan penelitian pengembangan dengan rumusan masalah yaitu bagaimanakah bentuk dan isi multimedia yang dapat memberikan informasi bimbingan mengenai pengenalan dan akomodasi emosi yang dapat menarik perhatian siswa dan dapat memberikan siswa pembelajaran mengenai perkembangan emosi. Pengembangan media bimbingan mengikuti tahapan pengembangan 1) analisis kebutuhan dan karakteristik siswa 2) analisis tujuan 3) perumusan materi pembelajaran 4) penyusunan naskah 5) penyusunan alat evaluasi 6) produksi media 7) evaluasi dan revisi media. Uji coba produk dilakukan pada tiga subjek yaitu ahli materi ahli media dan responden. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam pengembangan media bimbingan berupa angket. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis dengan prosentase. Sedangkan hasil belajar siswa dianalisis dengan mencari skor yang diperoleh dari latihan soal. Berdasarkan teknik analisis rata-rata dari hasil validasi kelayakan pengembangan media bimbingan secara keseluruhan memiliki rata-rata nilai 85 01%. Hal ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan cukup layak digunakan sebagai media bimbingan. Produk yang dihasilkan adalah media bimbingan pribadi dengan materi pengenalan dan akomodasi emosi yang dikemas dalam CD (Compact Disc). Berdasarkan latihan soal untuk mengukur hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Malang pada uji coba perseorangan perolehan nilai rata-rata dari 3 siswa adalah 96 97 maka kategorinya adalah A dengan interpretasi sangat menguasai/ memahami materi . Sedangkan untuk uji coba lapangan nilai rata-rata yang diperoleh dari 40 siswa adalah 93. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa sangat memahami dan menguasai materi bimbingan yang diberikan melalui pengembangan media bimbingan pribadi untuk pengenalan dan akomodasi emosi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 30 Dec 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/2703

Actions (login required)

View Item View Item