Inovasi pengembangan modul e-book pemodelan perangkat lunak berbasis project based learning untuk kelas XI di SMK - Repositori Universitas Negeri Malang

Inovasi pengembangan modul e-book pemodelan perangkat lunak berbasis project based learning untuk kelas XI di SMK

Asrori, Akhsanal Hakim (2022) Inovasi pengembangan modul e-book pemodelan perangkat lunak berbasis project based learning untuk kelas XI di SMK. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asrori Akhsanal Hakim. 2021. Inovasi Pengembangan Modul E-Book Pemodelan Perangkat Lunak Berbasis Project Based Learning untuk Kelas XI di SMK. Skripsi Fakultas Teknik Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Yuni Rahmawati S.T. M.T. (II). Dyah Lestari S.T. M.Eng. Kata Kunci Modul E-Book Pemodelan Lunak Berbasis Project Based Learning Sekolah Menengah Kejuruhan. Sejalan dengan kondisi di sekolah modul yang diberikan oleh Dinas Pendidikan memerlukan penyesuaian kembali dengan kebutuhan di Industri saat ini. Berdasarkan hal tersebut maka SMK Negeri 8 Malang melalukan penyesuaian materi pembelajaran yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan kebutuhan Industri. Berlandaskan fenomena tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengembangan inovasi bahan ajar digital yang memenuhi kualifikasi kelayakan dari segi validitas aplikabilitas kepraktisan penyajian dan keterbacaan sebagai bahan ajar. Model pengembangan yang dipergunakan adalah model pengembangan program media instruksional menurut Sadiman. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 8 Malang dengan jumlah subyek penelitian sebanyak 24 siswa yang terbagi atas 7 siswa dan 17 siswi. Penelitian menunjukkan bahwa modul digital RPL yang dihasilkan dengan ekstensi .pdf dan .epub untuk sistem operasi Windows (komputer/PC) dan sistem Android (smartphone). Modul digital RPL memuat gambar dan video penunjang materi yang dapat membuat siswa lebih memahami konsep serta menarik minat belajar mandiri. Modul digital RPL telah diuji validitas dan kelayakannya berdasarkan hasil validasi ahli dan uji coba siswa. Hasil dari validitas dan kelayakannya menyatakan bahwa modul digital RPL valid dan layak digunakan pada kegiatan pembelajaran mata pelajaran Pemodelan Perangkat Lunak semester satu untuk siswa kelas XI RPL. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil data nilai pemahaman siswa menunjukkan bahwa seluruh siswa telah memahami konsep. Seluruh siswa mencapai nilai diatas KKM dengan hasil paling banyak predikat A- sejumlah 13 siswa. Melalui hasil tersebut dinyatakan bahwa modul digital RPL ini dapat dimanfaat sebagai media pembelajaran sebagai salah satu media pembelajaran PPL kepada siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
T Technology > T Technology (General) > TIN Software Engineering
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2022 04:29
Last Modified: 15 Aug 2023 08:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269535

Actions (login required)

View Item View Item