Pengembangan media pembelajaran berbasis 3d augmented reality (ar) pada mata kuliah perancangan gedung 2 progam studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Bagas Adian Zabbar - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis 3d augmented reality (ar) pada mata kuliah perancangan gedung 2 progam studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Bagas Adian Zabbar

Zabbar, Bagas Adian (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis 3d augmented reality (ar) pada mata kuliah perancangan gedung 2 progam studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang / Bagas Adian Zabbar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Zabbar Bagas Adian. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3D Augmented Reality (AR) Pada Mata Kuliah Perancangan Gedung 2 Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Malang. Skripsi Jurusan Pengajaran Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. R. Sugandi S.T. M.T. (II) Dr. Ir. Dian Ariestadi M.T. Kata Kunci Media Pembelajaran Modul Augmented Reality Perancangan Gedung 2. Media pembelajaran merupakan alat penunjang untuk membantu pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga materi yang disampaikan dapat tersampaikan secara jelas efektif dan efisien. Sebuah media pembelajaran memegang peranan penting dalam sebuah proses belajar mengajar dapat meningkatkan daya tarik dan pemahamanan siswa. Seiring berkembangnya zaman dan teknologi media pembelajaran semakin bervariasi dan beragam salah satuya media pembelajaran berbasis aplikasi Augmented Reality (AR). Pemanfaatan Augmented Reality dalam bidang pendidikan dapat membantu dosen dalam memvisualisasikan konsep yang bersifat abstrak. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan media pembelajaran modul perancangan gedung 2 yang sesuai dengan kurikulum dan menjadi media pembelajaran yang layak dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam pemahaman materi yang terdapat didalam media yang dikembangkan. Metode penelitian menggunakan metode model Lee dan Owens (2004) dengan mahasiswa Teknik Sipil UM yang sedang atau sudah mengampu mata kuliah perancangan gedung 2 sebagai subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini berupa kelayakan media pembelajaran berdasarkan hasil validasi ahli. Hasil validasi ahli materi didapat hasil 76.9% dengan kategori kelayakan sangat layak sedangkan hasil validasi ahli media didapat hasil 89.9% dengan kategori kelayakan sangat layak hasil uji coba ketercapaian atau keterbacaan media terhadap mahasiswa (subjek) didapat hasil 76 4% dengan kategori kelayakan sangat layak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 08:55
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269270

Actions (login required)

View Item View Item