Pengaruh varaiasi ukuran daiameter rotor head pompa injeksi terhadap akselerasi dan emisi gas buang pada mesin diesel 2l/ Ahmad Fadlillah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh varaiasi ukuran daiameter rotor head pompa injeksi terhadap akselerasi dan emisi gas buang pada mesin diesel 2l/ Ahmad Fadlillah

Fadlillah, Ahmad (2022) Pengaruh varaiasi ukuran daiameter rotor head pompa injeksi terhadap akselerasi dan emisi gas buang pada mesin diesel 2l/ Ahmad Fadlillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh Variasi UkuranDiameter Rotor Head Pompa Injeksi Terhadap Akselerasi Dan Emisi Gas Buang Pada Mesin diesel 2L Skripsi Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Marji Prof. Dr M.Kes. (2) Paryono Drs. S.T. M.T Kata kunci Rotor Head pompa injeksi Mesin Diesel 2L Akselerasi Emisi Gas Buang. Kendaraan niaga saat ini hampir semuanya menggunakan mesin Diesel bahkan kendaraan penumpang atau kendaraan pribadi sudah banyak yang mengguankan mesin Diesel. Efisiensi konsumsi bahan bakar serta memiliki torsi yang besar merupakan alasan utama pengguanaan mesin Diesel selain dari itu pemeliharaan dari mesin Diesel juga lebih sederhana daripada kendaraan bermesin bensin. Tetapi ada salah beberapa kekurangan pada mesin Diesel khususnya yang konvensional yang masih banyak dipergunakan oleh masyarakat seperti akselerasi yang rendah serta kandungan opasitas emisi gas buang yang tinggi yang menyebabkan perlahan kerusakan alam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh variasi ukuran diameter rotor head pompa injeksi terhadap akselerasi dan emisi gas buang pada mesin Diesel 2L. Hasil penelitian ini akan digunakan untuk pengayaan keilmuan Teknik Otomotif terapan dan untuk keperluan praktisi teknik otomotif. Untuk meneliti permasalahan tersebut telah dilakukan pengujian mesin Diesel 2L dari kendaraan Toyota Kijang pada aplikasi Drag Racer dan Gas Analyzer di Labotarium Mesin Otomotif Universitas Negeri Malang. Dengan penggantian diameter rotor head 10 mm dan 12 mm kemudian diuji pengaruhnya terhadap akselerasi pada jarak 10 km/jam 30 km/jam 60 km/jam dan kandungan opasitas emisi gas buang pada putaran mesin 1000 RPM 2000 RPM 3000 RPM maka didapatkan hasil bahwa 1) Ada pengaruh akselerasi yang signifikan dari pengujian variasi diameter rotor head pada pompa injeksi terhadap akselerasi pada mesin diesel 2L (2) Ada pengaruh kandungan emisi gas buang yang signifikan dari pengujian variasi diameter rotor head pada pompa injeksi terhadap akselerasi pada mesin diesel 2L. Berdasarkan hasil penelitian diatas saran yang diberikan oleh peneliti yaitu Berdasarkan dari penelitian ini dapat dijadikan salah satu referensi ilmu pengetahuan di bidang otomotif yang diterapkan pada kendaraan bermesin diesel konvensional yang biasa menggunakan bahan bakar solar sebaiknya melakukan penggantian diameter rotor head 12 mm pada pompa injeksi untuk mendapatkan akselerasi yang baik serta mendapatkan tingkat ketebalan asap yang rendah karena dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian perubahan rotor head dapat menyempurnakan pembakaran yang berakibat meningkatkan akselerasi dan menurunkan kadar emisi gas buang sehingga dapat mengurangi pencemaran alam yang diakibatkan oleh mesin diesel

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2022 04:29
Last Modified: 02 Apr 2024 07:28
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/269197

Actions (login required)

View Item View Item