Pengaruh insektisida applaud 10 WP terhadap perkembangan embrio ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) / oleh Ruli Afandi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh insektisida applaud 10 WP terhadap perkembangan embrio ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) / oleh Ruli Afandi

Afandi, Ruli (2007) Pengaruh insektisida applaud 10 WP terhadap perkembangan embrio ikan lele dumbo (Clarias gariepinus) / oleh Ruli Afandi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penggunaan insektisida dimaksudkan untuk menekan serangan hama sehingga dapat rneningkatkan hasil pertanian dan secara unrum diharapkan produksi pangan meningkat dan dapat memenuhi kebutuhan manusia. Saiah satu insektisida yang diperdagangkan saat ini adalah Applaud 10 WP. Penggunaan insektisida Applaud l0 WP ini disarankan oleh komisi Pestisida Departemen Perfanian (2000) dan telah digunakan di Jarva fengah hasilnya efektif untuk menghambat hama tanaman padi dan tanaman kedelai (http l/wnrv.suaranlqJdeka. com/harian/O015 /0I /dar5.htrn). Selain pengdruhp ositif insektisidaju ga memiliki pengaruhn egatif.I lasil penelitian Handayani dkk (200 1) menunjukkan bahwa konsentrasi 2 s0 pprn insek-tisida Applaud 10 WP mulai mengganggu pertumbuhan lawa kodok (13ufr .rp)d an konsentras3i 75 dan 500 pprn selainp ertumbuhannyase makint erharnbat juga menimbulkank ecacatand an peningkatanm ortalitas. Penelitiani ni bertujuan 1) rnengetahupi engaruhi nsektisidaA pplaud l0 WP terhadap perkembangan embrio lele dumbo (Clarias gariepinus) 2) rnengelahui berapakah konsentrasi insektisida Applaud 10 WP yang paling arvai mengganggup erkembangane mbrio lele dumbo (Cktrias gariepinus). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Penelitian dilakukan di Laboratorium UPBAT Kepanjen pada bulan November 200 l sampai bulan April 2002. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL). Hasil penelitian dianalisis dengan Analisis Iarians (ANAVA). Konsentrasi insektisida Applaud i0 WP yang digunakan adalalr0 ppm 275 ppm 300 ppm dan 325 ppm Embrio ikan lele dumbo( .(-.larias gariepinu s d) idedahkanp adat ahap zigot dang astrula. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh negatif insektisida Applaud l0 WP terhadap perkembangan embrio ikan lele durnbo (.Olariu s goriepinus) yaitu menyebabkan kecacatan dan kematian embrio. Konsentrasi rnsektisidaA pplaud 10 WP yang paling awal menggang-sup erkembangane mbrio ikan lele dumbo (C.larias gariepinus) adalah 275 pprn. Pendeciahanp ada tahap gastnrla menghasi.lkapp eningkatanm ortalitas prolarva ikan lele dumbo (Clutia gariepinus).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jan 2007 04:29
Last Modified: 09 Sep 2007 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26908

Actions (login required)

View Item View Item