Deteksi ekspresi gen DDX3 dan WNT4 pada jaringan kanker payudara / Patricia Karin Himawan Praseptin - Repositori Universitas Negeri Malang

Deteksi ekspresi gen DDX3 dan WNT4 pada jaringan kanker payudara / Patricia Karin Himawan Praseptin

Praseptin, Patricia Karin Himawan (2019) Deteksi ekspresi gen DDX3 dan WNT4 pada jaringan kanker payudara / Patricia Karin Himawan Praseptin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i RINGKASAN Praseptin Patricia Karin Himawan. 2018. Deteksi Ekspresi Gen DDX3 dan WNT4 pada Jaringan Kanker Payudara. Skripsi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Dwi Listyorini M. Si. D. (2) Dra. Nursasi Handayani M. Si. Kata Kunci DDX3 WNT4 kanker payudara Kanker payudara merupakan penyakit yang berkembang dari jaringan epitel payudara. Kanker payudara dapat disebabkan oleh berbagai faktor diantaranya adalah faktor genetik. Adanya mutasi dan gangguan ekspresi pada jaringan epitel payudara dapat menyebabkan terjadinya kanker payudara. Contoh gen yang memiliki keterkaitan dengan terjadinya kanker payudara adalah DDX3 dan WNT4. Deteksi ekspresi DDX3 dan WNT4 dilakukan dengan isolasi RNA total sintesis cDNA dan qPCR. Hasil penelitian menunjukkan adanya ekspresi DDX3 dan WNT4 pada sampel namun ekspresinya relatif rendah dan tidak ada signifikansi perbedaan antar sampel serta antar stadium. DDX3 memiliki ekspresi tertinggi pada sampel nomor 9 dan WNT4 memiliki ekspresi tertinggi pada sampel nomor 2. Analisis ekspresi gen antar stadium menunjukkan DDX3 memiliki ekspresi tertinggi pada stadium IIIB dan WNT4 memiliki ekspresi tertinggi pada stadium IV.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26893

Actions (login required)

View Item View Item