Muchyi, Karina (2022) Implementasi ki-2 (sikap sosial) kurikulum 13 dalam pelajaran ekonomi Kelas XI IPS semester 1 SMAN 6 Malang / Karina Muchyi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Muchyi Karina. 2021. Implementasi KI-2 (Sikap Sosial) Kurikulum 13 Dalam Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Semester 1 SMAN 6 Malang.Skripsi Program Studi Ekonomi Pembangunan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Imam Mukhlis S.E M.Si Kata Kunci implementasi KI-2 sikap sosial siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru menanamkan nilai - nilai sikap sosial tingkat keberhasilan penerapan nilai ndash nilai sikap sosial serta hambatan guru dalam menanamkan nilai - nilai sikap sosial dalam mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek yang diteliti ini adalah guru mata pelajaran Ekonomi kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Malang serta beberapa siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa indikator KI-2 dalam kurikulum 13 sudah diaplikasikan dengan cukup baik di SMAN 6 Malang. Pada tahap persiapan guru membuat RPP. Penyusunan RPP guru telah menerapkan prinsip penyusunan RPP dimana selalu terdapat KI dan KD sehingga penyusunannya menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan siswa serta keadaan dan kemampuan sekolah. Pada kegiatan belajar mengajar guru menerapkan metode Cooperative Learning yaitu dimana kegiatan belajar mengajar 80% focus pada siswa. Hal ini sesuai dengan tujuan kurikulum 2013 yang dituliskan dalam standar proses perencanaan pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013. Namun tingkat keberhasilan penerapan KI-2 dalam kurikulum 13 masih belum maksimal. Hal ini juga dipengaruhi oleh beberapa factor penghambat. Faktor tersebut diantaranya Keberagaman kemampuan siswa latar belakang siswa berbeda - beda Kegiatan non-akademis sekolah baik bagi guru maupun siswa kerap sekali menghambat scenario pembelajaran yang telah dibuat dan Kesulitan dalam menilai sikap social para siswa. Pada penelitian ini Peneliti hanya mengambil responden dari kelas XI saja sehingga data yang didapatkan kurang bisa di generalisasi secara luas. Saran yang disampaikan untuk penelitian selanjutnya yang akan melakukan penelitian serupa diharapkan untuk dapat mengambil data dari semua kelas X XI dan XII. Juga dapat mengambil data dari lingkungan keluarga agar diperoleh data yang lebih akurat dan luas.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jun 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/268855 |
Actions (login required)
View Item |