Cahyani, Ardhia Pramesti Rigita (2022) Perbandingan efektivitas pembelajaran sinkron dan asinkron pada pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Garum Kabupaten Blitar / Ardhia Pramesti Rigita Cahyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Pembelajaran daring secara sinkron dan asinkron digunakan selama pandemic covid-19. Terdapat beberapa kendala yang dihadapi selain proses dalam pembelajaran persiapan seperti media alat dan bahan ajar aspek pembelajaran online berbeda dengan pembelajaran offline yang awalnya bertatap muka menjadi jarak jauh. Dalam proses belajar anak memiliki gaya belajar berbeda-beda melihat hal tersebut perlu adanya penyesuaian dengan pembelajaran online terutama sinkron dan asinkron yang memiliki karakteristik berbeda dan akan berdampak pada hasil belajar. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran sinkron dan asinkron dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring serta mengetahui perbedaan hasil belajar diantara kedua pembelajaran tersebut. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan eksperimen yaitu design quasi eksperimen nonequivalent control group. Hasil penelitian setelah melakukan perbandingan menemukan bahwa pembelajaran sinkron lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran online dan asinkron cukup efektif apabila diterapkan dalam pembelajaran online. Keefektifan tersebut dilihat dari hasil belajar dengan Uji N-Gain sehingga disarankan untuk menggunakan pembelajaran sinkron dalam pembelajaran online.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2022 04:29 |
Last Modified: | 11 Apr 2023 06:19 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/268838 |
Actions (login required)
View Item |