Arza, Muhammad Fatih Zulfikar Taufiq (2022) Pengaruh komunikasi interpersonal, social support, dan resiliensi akademik terhadap stres mahasiswa jurusan akuntansi yang sedang mengerjakan skripsi / Muhammad Fatih Zulfikar Taufiq Arza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Stres mahasiswa terjadi karena adanya tekanan atau hambatan yang dialami oleh mahasiswa pada saat mengerjakan skripsi. Pengerjaan skripsi dianggap sebagai suatu hambatan yang harus dilalui mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Adanya perbedaan komunikasi yang dilakukan antara mahasiswa dengan dosen pembimbing social support yang didapatkan dan tingkat resiliensi akademik mahasiswa dapat menyebabkan stres pada mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh komunikasi interpersonal social support dan resiliensi akademik terhadap stres mahasiswa akuntansi 2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian sebab akibat atau asosiatif. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen yang disebarkan kepada 148 mahasiswa akuntansi 2017 yang sedang mengerjakan skripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan pengaruh yang tergolong kecil sehingga peneliti selanjutnya disarankan untuk menambah jumlah sampel atau mencari populasi yang lebih beragam agar penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil yang lebih representatif. Menggunakan metode sampling yang tepat supaya data yang dihasilkan menjadi maksimal dan sampel yang diterima dapat mewakili dari populasi yang sudah ditentukan. Mempertimbangkan variabel lain selain social support karena pada penelitian ini variabel tersebut tidak berpengaruh terhadap stres mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 14 Jul 2022 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2022 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/268787 |
Actions (login required)
View Item |