Pengembangan media pembelajaran berbasis filmora wondershare pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang) / Raka Drestajuna - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis filmora wondershare pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang) / Raka Drestajuna

Drestajuna, Raka (2022) Pengembangan media pembelajaran berbasis filmora wondershare pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Kota Malang) / Raka Drestajuna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran video menghasilkan media pembelajaran yang valid dan menunjukkan perbedaan hasil belajar kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah kuantitatif dan kualitatif yang dihasilkan dari penyebaran kuisioner dan wawancara kepada ahli materi ahli media dan pengguna. Prosedur penelitian dan pengembangan mengadopsi dari Borg dan Gall yang terdiri dari sembilan langkah penelitian dan pengembangan. Untuk mengetahui kevalidan produk maka dilakukan proses validasi dengan cara mendengarkan masukan dan mempersilahkan ahli untuk menilai produk sesuai dengan pandangan keilmuan yang dimiliki. Hasil validasi produk yang diperoleh menunjukkan validasi ahli media dengan kriteria sangat valid ahli materi menunjukkan kriteria sangat valid hasil respon pengguna memperoleh kriteria valid dan produk sudah layak digunakan dalam pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas homogenitas dan independent sampel t-test pada perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian dan pengembangan menghasilkan kesimpulan bahwa penggunaan produk media pembelajaran video menunjukkan perubahan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268502

Actions (login required)

View Item View Item