Cone of experience dalam pengembangan media pembelajaran matematika berbasis flipbook materi perbandingan trigonometri / Nisfa Lailatul Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Cone of experience dalam pengembangan media pembelajaran matematika berbasis flipbook materi perbandingan trigonometri / Nisfa Lailatul Azizah

Azizah, Nisfa Lailatul (2022) Cone of experience dalam pengembangan media pembelajaran matematika berbasis flipbook materi perbandingan trigonometri / Nisfa Lailatul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Matematika objek kajian yang abstrak sehingga banyak siswa mengalami kesulitan salah satunya dalam materi perbandingan trigonometri. Kesulitan siswa tersebut dapat dipengaruhi oleh kurangnya motivasi siswa disebabkan karena kurangnya media pembelajaran pembelajaran yang konoton dan rendahnya motivasi siswa. Berdasarkan hal tersebut media pembelajaran masih dibutuhkan dalam pembelajaran matematika untuk membantu siswa memahami konsep trigonometri. Berdasarkan Teori Cone of Experience yang dikemukakan oleh Edgar Dale semakin konkrit media yang digunakan maka semakin banyak pengalaman yang didapat sehingga dapat membantu pemahaman siswa. Kebutuhan akan media pembelajaran diiringi dengan perkembangam teknologi dalam pembuatan media pembelajaran digital. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran matematika yang menarik dengan memanfaatkan teknologi sehingga dapat membantu siswa memahami konsep matematika. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika berdasarkan Teori Cone of Experience yang valid praktis dan efektif. Media dikembangkan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah yaitu (1) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi dan (5) Evaluasi (Branch and Kopcha 2014). Hasil validasi ahli media dan ahli materi berturut-turut adalah 90% dan 91%. Hasil uji coba media sebesar 83% dan tes keefektifan media dengan skor 92%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis flipbook materi perbandingan trigonometri valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2022 04:29
Last Modified: 30 Dec 2022 01:20
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268064

Actions (login required)

View Item View Item