Lembar kerja peserta didik berbasis masalah statistik dengan live worksheet dalam meningkatkan kemampuan literasi statistik siswa / Septi Faridhotul Chasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Lembar kerja peserta didik berbasis masalah statistik dengan live worksheet dalam meningkatkan kemampuan literasi statistik siswa / Septi Faridhotul Chasanah

Chasanah, Septi Faridhotul (2022) Lembar kerja peserta didik berbasis masalah statistik dengan live worksheet dalam meningkatkan kemampuan literasi statistik siswa / Septi Faridhotul Chasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kemampuan literasi statistik siswa Indonesia berada dalam kategori rendah. Hal ini ditandai dengan kurangnya kemampuan siswa untuk memilah memahami dan mengolah informasi yang ada dalam suatu masalah. Salah satu upaya dalam peningkatan kemampuan literasi statistik siswa adalah dengan melakukan inovasi terhadap bahan ajar yang diberikan kepada siswa yaitu melalui pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah statistik menggunakan Live Worksheet yang dapat diakses secara daring. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yang mengadopsi model Plomp dan terdiri dari 3 fase yaitu fase penelitian awal (Preliminary Research Phase) fase pengembangan (Prototyping Phase) dan fase penilaian (Assessment Phase). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis masalah dengan Live Worksheet dalam meningkatkan kemampuan literasi statistik siswa yang valid praktis dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas LKPD RPP soal tes literasi statistik angket respon peserta didik dan angket respon guru berturut-turut 85 4% 80 8% 87 5% 83 3% dan 85% uji kepraktisan LKPD diperoleh hasil 3 20 untuk angket respon peserta didik dan 3 7 untuk angket respon guru dan uji keefektifan LKPD diperoleh hasil 74 19% . Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis masalah dengan Live Worksheet valid praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi statistik siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 15 Jul 2022 04:29
Last Modified: 28 Dec 2022 08:32
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/268044

Actions (login required)

View Item View Item