Handayani, Endah (2016) Pengembangan asesmen kinerja dalam pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi kingdom plantae untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang Jawa Timur / Endah Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Endah Handayani. 2016. Pengembangan Asesmen Kinerja dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Kingdom Plantaeuntuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Lawang Kabupaten Malang Jawa Timur. Skripsi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (1) Dra.Sunarmi M.Pd. (2) Dr. Murni Sapta Sari M.Si. Kata Kunci asesmen kinerja keterampilan metakognitif hasil belajar inkuiri terbimbing Keterampilan metakognitif merupakan salah satu kecakapan abad 21 yang memiliki peranan penting dalam kesuksesan pembelajaran. Berdasarkan hasil wawancara terhadap guru biologi SMAN 1 Lawang diketahui bahwa belum ada penilaian metakognitif pada pelajaran biologi. Pengembangan penilaian keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan menggunakan asesmen kinerja. Tujuan dari penelitian ini mengembangkan dan menguji kelayakan asesmen kinerja dalam pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan metakognitif dan hasil belajar siswa SMAN 1 Lawang pada materi Kingdom Plantae. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan. Keterampilan metakognitif diukur dari refleksi diri siswa pada tiap subbab materi Kingdom Plantae. Penelitian dan pengembangan ini diujikan kepada siswa kelas X MIA7 SMAN 1 Lawang berjumlah 24 siswa. Hasil penelitian dan pengembangan asesmen kinerja menunjukkan tingkat kevalidan sebesar 3 79 dengan kriteria valid dan tingkat kepraktisan sebesar 3 65 dengan kriteria tinggi . Keterampilan metakognitif menunjukkan peningkatan sebesar 6 1% pada pertemuan akhir dan hasil belajar kognitif meningkathingga sebesar 91 67%. Untuk mendapatkan peningkatan keterampilan metakognitif yang signifikan diperlukan asesmen kinerja yang diterapkan dalam waktu yang lama dan dilakukan secara rutin.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/26773 |
Actions (login required)
View Item |