Yudistirachman, Nadian (2016) Pengembangan perangkat pembelajaran klasifikasi Archaebacteria dan Eubacteria berbasis inkuiri terstruktur untuk kelas X SMAN 2 Pare Kabupaten Kediri / Nadian Yudistirachman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Abstrak Yudistirchman Nadian. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Klasifikasi Archaebacteria dan Eubacteria Berbasis Inkuiri Terstruktur untuk Kelas X SMAN 2 Pare. Skripsi Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Dr. Endang Suarsini M. Ked (II) Dra. Sunarmi M. Pd Kata kunci Pembelajaran berbasis inkuiri terstruktur Perangkat pembelajaran. Kurikulum 2013 yang diterapkan di Indonesia saat ini menuntut pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi aktif kreatif dan inovatif. SMAN 2 Pare merupakan salah satu sekolah di kabuaten Kediri yang menerapkan kurikulum 2013. Pembelajaran klasifikasi Archaebacteria dan Eubacteria di SMAN 2 Pare saat ini masih mengandalkan metode yang kurang sesuai dengan yang diinginkan kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran klasifikasi Archaebacteria dan Eubacteria yang dapat memenuhi harapan kurikulum 2013 di SMAN 2 Pare. Pengambilan data dilakukan pada bulan Mei-Juli 2016. Penelitian pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Reflective Recursive Design and Development (R2D2). Model R2D2 bersifat non-linear sehingga tidak berbentuk langkah-langkah sehingga kegiatan penelitian ini dibagi menjadi tiga fokus yakni fokus pendahuluan fokus desain dan pengembangan dan fokus penyebaran. Penelitian ini dilaksanakan hingga fokus desain dan pengembangan karena keterbatasan waktu dan biaya. Produk akhir dari penelitian ini berupa perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Perangkat pembelajaran klasifikasi Archaebacteria dan Eubacteria yang dikembangkan diuji validasi oleh ahli perangkat pembelajaran ahli materi dan praktisi lapangan sebagai dasar perbaikan dari produk yang dikembangkan. Berdasarkan hasil validasi dari ahli perangkat pembelajaran ahli materi dan praktisi lapangan produk yang dikembangkan mendapat predikat layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 10 Oct 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/26771 |
Actions (login required)
View Item |