Cholifah, Alifah (2016) Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu media berfbasis Information Technology (IT) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI SMA pada materi sistem regulasi / Alifah Cholifah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Cholifah Alifah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu Media Berbasis IT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI pada Materi Sistem Regulasi.Skripsi. Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc Ph.D. (II) Dr. Abdul Gofur M.Si. Kata Kunci Model Pembelajaran Problem Based Learning media berbasis IT kemampuan berpikir kritis hasil belajar kognitif. Observasi yang dilakukan di SMAN 1 Kepanjen menunjukkan 76 47% responden menyatakan sekolah menyediakan fasilitas pendukung kegiatan belajar seperti Liquid Crystal Display (LCD) papan tulis wifi komputer meja kursi laboratorium speaker perpustakaan dll. Selain itu 100% siswa menyatakan mereka memiliki ponsel pribadi. Namun hanya 5 88% siswa yang menggunakan ponsel mereka untuk kegiatan belajar. Hasil wawancara dengan guru biologi menyatakan model pembelajaran yang digunakan masih menggunakan model konvensional. Capaian kognitif yang diujikan masih pada ranah C2 dan guru belum pernah menguji kemampuan berpikir kritis siswa. Fasilitas yang ada di SMAN 1 Kepanjen ini kurang dimanfaatkan dengan maksimal. Peneliti mengajukan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadu media berbasis Information Technology (IT) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas XI pada materi sistem regulasi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan Pretest-Posttest Non-equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kepanjen tahun pelajaran 2015/2016 yang mengikuti pelajaran biologi khususnya bab sistem regulasi. Sampel pada penelitian ini ditentukan secara purposive sampling. Kelas XI MIA 3 terpilih sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 5 terpilih sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen perlakuan meliputi silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bahan ajar dan perangkat tes dan instrumen pengukuran meliputi lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran instrumen kemampuan berpikir kritis dan instrumen hasil belajar kognitif. Analisis data dengan analisis kovarian pada taraf signifikansi 5% dengan menggunakan bantuan software SPSS for 16.0 Windows. Hasil penelitian pada kemampuan berpikir kritis siswa menghasilkan F hitung sebesar 12 48 dengan signifikansi sebesar 0 001. Nilai signifikansi tersebut kurang dari 0 05 sehingga hipotesis penelitian diterima. Hasil perhitungan data hasil belajar kognitif siswa menghasilkan F hitung sebesar 14 12 dengan taraf signifikansi sebesar 0 000. Nilai signfikansi ini lebih kecil dari 0 05 sehingga hipotesis penelitian diterima. Pengujian rerata terkoreksi menunjukkan kelas kontrol memiliki persentase kemampuan berpikiri kritis sebesar 2 93% lebih tinggi dibanding kelas eksperimen. Rerata terkoreksi hasil belajar kognitif menunjukkan kelas kontrol 1 38% lebih unggul dibanding kelas perlakuan. Hal ini disebabkan guru tidak membatasi sumber belajar siswa pada saat penelitian.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 15 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/26752 |
Actions (login required)
View Item |