Penerapan model Learning Cycle untuk meningkatkan hasil belajar materi hubungan antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem di Kelas V SDN Tanggung 1 Blitar / Yeni Yunita - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model Learning Cycle untuk meningkatkan hasil belajar materi hubungan antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem di Kelas V SDN Tanggung 1 Blitar / Yeni Yunita

Yunita, Yeni (2022) Penerapan model Learning Cycle untuk meningkatkan hasil belajar materi hubungan antar Makhluk Hidup dalam Ekosistem di Kelas V SDN Tanggung 1 Blitar / Yeni Yunita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan penerapan model learning cycle dan peningkatan hasil belajar pada materi hubungan antar makhluk hidup di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis PTK dengan tahapan perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara tes catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada aktivitas pendidik dan peserta didik pada penerapan model learning cycle. Pada aktivitas pendidik terjadi peningkatan dari 82 5% kategori baik menjadi 92 5% kategori sangat baik sedangkan aktivitas peserta didik terjadi peningkatan dari 80% kategori baik menjadi 90% kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik pada aspek sikap (percaya diri dan kerja sama) pengetahuan dan keterampilan (membuat karya dan menyampaikan hasil) juga mengalami peningkatan. Pada aspek sikap percaya diri terdapat peningkatan dari 78% kategori cukup menjadi 94% kategori sangat baik sedangkan pada aspek sikap kerja sama terjadi peningkatan dari 68% kategori kurang menjadi 88 5% kategori baik. Pada aspek pengetahuan terdapat peningkatan KBK dari 70% kategori cukup menjadi 92% kategori sangat baik. Pada aspek keterampilan membuat karya terdapat peningkatan dari 74% kategori cukup menjadi 94% kategori sangat baik sedangkan pada aspek menyampaikan hasil diskusi terjadi peningkatan dari 80 5% kategori baik menjadi 90% kategori sangat baik. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan model learning cycle yang dilaksanakan pendidik dan diikuti peserta didik dengan sangat baik pada materi hubungan antar makhluk hidup dapat meningkatkan hasil belajar pada aspek sikap percaya diri dan kerja sama pengetahuan dan keterampilan membuat karya dan menyampaikan hasil diskusi dengan sangat baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2022 00:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266668

Actions (login required)

View Item View Item