Pengaruh intensitas perhatian orang tua terhadap hasil belajar pada siswa Kelas IV SD se-gugus 4 Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang / Inna Zahrotul Layyina - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh intensitas perhatian orang tua terhadap hasil belajar pada siswa Kelas IV SD se-gugus 4 Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang / Inna Zahrotul Layyina

Layyina, Inna Zahrotul (2022) Pengaruh intensitas perhatian orang tua terhadap hasil belajar pada siswa Kelas IV SD se-gugus 4 Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang / Inna Zahrotul Layyina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan intensitas perhatian orang tua dan hasil belajar serta bagaimana pengaruh intensitas perhatian orang tua terhadap hasil belajar. Hal tersebut dilihat dari beberapa indikator perhatian orang tua yaitu membimbing memberi nasehat mengawasi memotivasi dan memenuhi kebutuhan belajar anak. Fenomena yang terjadi berkaitan dengan kurangnya kesiapan siswa mengikuti pembelajaran sehingga mengakibatkan siswa tidak dapat menyelesaikan tugas- tugas dan merasa kesulitan dalam belajar. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kurang mempersiapkan kebutuhan belajar sebelum berangkat sekolah dan ketika dirumah orang tua seharusnya memperhatikan anak serta memfasilitasi kebutuhan anak untuk belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian ex-post facto dengan metode penelitian survey dan jenis penelitian adalah korelasional yang bertujuan untuk menjelaskan bagaimana intensitas perhatian orang tua dan hasil belajar serta pengaruh intensitas perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Se-gugus 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Instrumen penelitian berupa kuesioner untuk siswa tentang intensitas perhatian orang tua. Penelitian ini dilaksanakan di SD se-gugus 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang dengan jumlah populasi sebanyak 359 siswa dan jumlah sampel sebanyak 92 siswa. Variabel yang digunakan terdiri dari dua variabel yaitu variabel bebas (intensitas perhatian orang tua) dan variabel terikat (hasil belajar). Pada hasil analisis terbukti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Se- gugus 4 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Koefisien regresi pada penelitian ini bernilai positif sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif yang bermakna bahwa jika nilai variabel intensitas perhatian orang tua (X) tinggi maka variabel hasil belajar (Y) juga akan tinggi pula. Pengaruh intensitas perhatian orang tua terhadap hasil belajar sebesar 10 2% sedangkan untuk 89 8% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Oleh karena itu diharapkan guru dan orang tua terus menjalin hubungan yang baik sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Faktor- faktor lain yang mempengaruhi hasil belajar siswa seperti faktor internal meliputi kondisi fisik (kesehatan tubuh dan pancaindera) dan kondisi psikis (minat dan bakat kecerdasan kesiapan mental dan motivasi) dan faktor eksternal meliputi lingkungan siswa sarana prasarana kemampuan guru kurikulum metode pembelajaran media pembelajaran dan lain sebagainya. Sehingga diharapkan guru dan orang tua terus menjalin hubungan yang baik sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266664

Actions (login required)

View Item View Item