Analisis kesalahan tulisan siswa dalam menulis huruf kapital dan tanda baca pada teks Bahasa Indonesia Kelas V SD gugus 7 Kecamatan Sukun Kota Malang / Mauryn Renata Roselin - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan tulisan siswa dalam menulis huruf kapital dan tanda baca pada teks Bahasa Indonesia Kelas V SD gugus 7 Kecamatan Sukun Kota Malang / Mauryn Renata Roselin

Roselin, Mauryn Renata (2021) Analisis kesalahan tulisan siswa dalam menulis huruf kapital dan tanda baca pada teks Bahasa Indonesia Kelas V SD gugus 7 Kecamatan Sukun Kota Malang / Mauryn Renata Roselin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kegiatan menulis tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran Bahasa Indonesia dan digunakan untuk mencatat menginformasikan melaporkan menghibur dan mempengaruhi pembaca. Sekolah perlu meningkatkan keefektifannya yaitu memperhatikan penulisan teks menggunakan ejaan yang benar. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam PUEBI mempunyai beberapa jenis ejaan diantaranya penggunaan huruf kapital dan tanda baca. Banyak yang salah menempatkan pemakaiannya dengan benar itu terjadi karena minimnya pengetahuan terhadap aturan dalam penulisan. Saat ini masih banyak siswa sekolah dasar yang masih kurang paham tentang bagaimana cara menulis huruf kapital yang baik dan meletakkan tanda baca yang benar berdasarkan ketetapan PUEBI. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu pendekatan dan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi dengan subjek seluruh siswa kelas lima SD yang berada di Gugus 7 Kecamatan Sukun Kota Malang Hasil penelitian ditemukan kurangnya kemampuan siswa dalam penulisan huruf kapital dalam kategori sedang yaitu 1.825 huruf kapital tidak hadir dari 4.484 huruf kapital yang seharusnya hadir atau 40 70%. Kurangnya kemampuan siswa yang paling banyak dilakukan terdapat pada penulisan huruf kapital sebagai huruf pertama nama geografi sedangkan yang paling sedikit terdapat pada penulisan huruf kapital sebagai huruf pertama unsur judul karangan. Sedangkan kurangnya kemampuan siswa dalam penulisan tanda baca dalam kategori sedang yaitu 314 tanda baca tidak hadir dari 1.064 tanda baca yang seharusnya hadir atau 29 51%. Kurangnya kemampuan siswa yang paling banyak dilakukan terdapat dalam penulisan tanda baca koma sebagai kategori unsur-unsur dalam suatu perincian sedangkan yang paling sedikit terdapat pada penulisan tanda baca hubung sebagai tanda untuk kata yang berulang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 01 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266565

Actions (login required)

View Item View Item