Pengembangan booklet smart learning (BSL) berbasis qr code pada Kelas III tema cuaca SDN Madyopuro 3 Kota Malang / Aulia Rahman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan booklet smart learning (BSL) berbasis qr code pada Kelas III tema cuaca SDN Madyopuro 3 Kota Malang / Aulia Rahman

Rahman, Aulia (2021) Pengembangan booklet smart learning (BSL) berbasis qr code pada Kelas III tema cuaca SDN Madyopuro 3 Kota Malang / Aulia Rahman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Terjadinya pandemi covid-19 mengharuskan siswa belajar secara jarak jauh dengan guru. Pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh membuat guru kesulitan dalam menyampaikan materi. Terbatasnya sumber belajar yang diberikan juga menjadi salah satu pengaruh terhambatnya pembelajaran secara daring. Salah satu contoh sumber belajar berupa Booklet Smart Learning (BSL) berbasis QR Code dapat dijadikan salah satu inovasi sumber belajar yang diberikan kepada siswa pada saat pembelajaran daring berlangsung. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SDN Madyopuro 3 Malang pembelajaran daring yang dilakukan hanya sebatas pemberian tugas di grup Whatsapp dan penjelasan melalui video dari youtube. Penelitian ini memiliki empat tujuan penelitian yaitu (1) Menghasilkan Booklet Smart Learning (BSL) berbasis QR Code pada Tema Cuaca Kelas III SD yang valid menurut ahli materi (2) Menghasilkan Booklet Smart Learning (BSL) berbasis QR Code pada Tema Cuaca Kelas III SD yang valid menurut ahli sumber belajar (3) Menghasilkan Booklet Smart Learning (BSL) berbasis QR Code pada Tema Cuaca Kelas III SD yang praktis menurut ahli guru dan (4) Menghasilkan Booklet Smart Learning (BSL) berbasis QR Code pada Tema Cuaca Kelas III SD yang menarik menurut siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Model penelitian yang digunakan yaitu model ADDIE dengan tahap (1) Analyze (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Desain uji coba memiliki gambaran dari tahap analisis hingga produk akhir. Bentuk validasi dan penilaian dilakukan oleh para ahli dan pengguna yang menggunakan instrumen angket yang dilengkapi kritik dan saran. Subjek uji coba yakni ahli materi ahli sumber belajar dan pengguna (guru dan siswa). Jenis data berupa data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data berupa observasi wawancara dan angket. Teknik analisis data berupa teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil dari penelitian dan pengembangan Booklet Smart Learning (BSL) berbasis QR Code dinyatakan sangat valid dan dapat digunakan untuk siswa kelas III SDN Madyopuro 3 Malang ditinjau dari hasil validasi ahli materi dan ahli sumber belajar yang memperoleh skor 90% dan 96 87%. Sedangkan Booklet Smart Learning (BSL) berbasis QR Code dinyatakan sangat praktis dan menarik ditinjau dari hasil penilaian guru dan siswa SDN Madyopuro 3 Malang dengan memperoleh skor 94 44% dan 100%. Saran dari peneliti yaitu peneliti dapat mengembangan fitur dan materi yang ada dalam Booklet Smart Learning (BSL) berbasis QR Code sehingga lebih inovatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 20 May 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/266520

Actions (login required)

View Item View Item