Anggraini, Silfiah (2015) Penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPA siswa kelas VII D SMP Brawijaya Smart School / Silfiah Anggraini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Anggraini S. 2015. Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII D SMP Brawijaya Smart School. Skripsi Jurusan Biologi Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Sarwono M.Pd (II) Siti Imroatul Maslikah S.Si. M.Si Kata Kunci pembelajaran inkuiri terbimbing motivasi belajar hasil belajar. Hasilobservasi pada tanggal 17Maret2014-21Maret2014 di SMP Brawijaya Smart Schoolmenunjukkan bahwamotivasi belajar rendah. Motivasi belajar rendah dapat diketahui dari beberapa siswa yang tidak fokus pada saat pembelajaran berlangsung ketidakmampuan beberapa siswa dalam menyelesaikan soal evaluasi dari materi yang telah dijelaskan oleh guru beberapa siswa yang tidak berani bertanya tentang materi yang belum dimengerti oleh siswa beberapa siswa yang tidak puas dengan proses pembelajaran. Hasil belajar siswa juga rendah. Upaya untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa adalah penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D semester genap tahun ajaran 2013/2014 SMP Brawijaya Smart Schoolyang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Data dalam penelitian ini berupa keterlaksanaan penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing motivasi belajar dan hasil belajar.Instrumen yang digunakan untuk mengukurketerlaksanaan penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing adalah lembar observasi keterlaksanaan penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing.Motivasi belajar siswa meliputi empat aspek yaitu attention relevance confidence satisfactionyang diukur dengan lembar observasi motivasi. Hasil belajar yang diukur meliputi hasil belajar kognitif afektif dan psikomotor. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar adalah soal tes lembar observasi afektif dan lembar observasi psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan penerapan metode pembelajaran inkuiri terbimbing tercapai pada siklus 2 karena semua deskriptor terlaksana sedangkan pada siklus 1 ada 3 deskriptor yang tidak terlaksana (2) motivasi belajar siswa meningkat dengan ketuntasan klasikal sebesar 48 08% pada siklus 1 menjadi 76 93% pada siklus 2 (3) hasil belajar kognitif siswa meningkat denganketuntasan belajar klasikal sebesar 61 54% pada siklus 1 menjadi 76 92% pada siklus 2 hasil belajar afektif siswa meningkatdenganrata-rata ketuntasan belajar klasikal sebesar 46 16% pada siklus 1 menjadi 78 85% pada siklus 2 hasil belajar psikomotor siswa meningkatdengan rata-rataketuntasan belajar klasikal sebesar 59 62% pada siklus 1 menjadi 84 62% pada siklus 2. Saran dari penelitian ini adalah (1) Guru atau peneliti lain dapat memberikan pertanyaan-pertanyaan yang bersifat open-ended pada LKS yang dibuat (2) Guru atau peneliti lain dapat lebih meningkatkan aspek attention siswa dengan memberikan contoh pentingnya materi yang dipelajari oleh siswa aspek relevancesiswa dengan membuat pertanyaan-pertanyaan pada LKS disesuaikan dengan kemampuan siswa dan memberikan hand outuntuk menunjang kegiatan siswa pada tahap analisis data aspek confidencedengan menambah pertemuan dalam penerapan metode pembelajaran inkuri terbimbing.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/26639 |
Actions (login required)
View Item |