Strategi komunikasi sekolah dengan masyarakat untuk pembentukan kedisiplinan dan prestasi hasil belajar peserta didik / Yoga Thoriq Azis - Repositori Universitas Negeri Malang

Strategi komunikasi sekolah dengan masyarakat untuk pembentukan kedisiplinan dan prestasi hasil belajar peserta didik / Yoga Thoriq Azis

Azis, Yoga Thoriq (2022) Strategi komunikasi sekolah dengan masyarakat untuk pembentukan kedisiplinan dan prestasi hasil belajar peserta didik / Yoga Thoriq Azis. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal harus mampu berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat. Dengan adanya hubungan baik antara sekolah dengan masyarakat akan menciptakan suasana yang kondusif di lingkungan sekolah dan masyarakat akan berperan aktif dalam pelaksanaan program sekolah. Salah satu program sekolah yang digunakan untuk menunjang komunikasi sekolah dengan masyarakat adalah program kedisiplinan. Komunikasi sekolah dengan masyarakat juga bertujuan untuk pembentukan prestasi belajar peserta didik. Dengan komunikasi yang baik antara sekolah dengan orang tua peserta didik maka peserta didik akan memiliki prestasi hasil belajar yang baik pula. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) strategi komunikasi sekolah dengan masyarakat di sdn sukorejo 2 kabupaten blitar (2) strategi pembentukan kedisiplinan peserta didik di sdn sukorejo 2 kabupaten blitar (3) strategi pembentukan prestasi hasil belajar peserta didik di sdn sukorejo 2 kabupaten blitar (4)kendala komunikasi dengan masyarakat untuk pembentukan kedisiplinan dan prestasi hasil belajar peserta didik di sdn sukorejo 2 kabupaten blitar (5) solusi untuk mengatasi kendala dalam komunikasi sekolah dengan masyarakat untuk pembentukan kedisiplinan dan prestasi hasil belajar peserta didik di sdn sukorejo 2 kabupaten blitar (6) hasil peningkatan prestasi belajar peserta didik di sdn sukorejo 2 Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah kepala SDN Sukorejo 02 Kabupaten Blitar 3 guru kelas dan 1 wali murid peserta didik/masyarakat sekitar sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) pengamatan (2) wawancara (3) dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian diketahui (1) strategi sekolah dalam melakukan komunikasi dengan masyarakat yaitu dengan melakukan rapat rutin dengan masyarakat pelaporan tahunan kunjungan ke rumah peserta didik dan melibatkan masyarakat dalam program sekolah (2) pembentukan program kedisiplinan peserta didik antara lain memberikan kesadaran dan guru sebagai contoh teladan dalam kedisiplinan (3) pembentukan prestasi hasil belajar peserta didik dengan melakukan pembinaan terhadap peserta didik yang berprestasi (4) kendala dalam proses komunikasi dengan masyarakat adalah masyarakat adalah masyarakat tidak bisa hadir mengikuti program sekolah (5) solusi dengan rutin memberi laporan mengenai perkembangan peserta didik (6) hasil prestasi belajar peserta didik mengalami peningkatan hal ini dibuktikan semakin banyaknya kejuaraan lomba yang didapat oleh peserta didik. Saran dari penelitian ini yaitu (1) bagi Kepala SDN Sukorejo 2 Kabupaten Blitar sebagai pemimpin dan penanggung jawab dapat mempertahankan komunikasi yang baik dengan masyarakat/orang tua peserta didik dengan rutin mengadakan pertemuan baik langsung maupun secara online sehingga orang tua merasa nyaman dengan sekolah. Kepala sekolah harus mempertahankan program pembinaan kedisiplinan dan mengembangkan program yang melibatkan masyarakat seperti Program santunan anak yatim. (2) bagi guru SDN Sukorejo 2 Kabupaten Blitar guru bisa terus memantau perilaku disiplin dari peserta didik secara berkelanjutan dengan selalu menerapkan program disiplin pagi dan program School Religius Culture yang melibatkan masyarakat di sekolah. Guru juga harus selalu menjaga komunikasi dengan orang tua atau wali dari masing-masing peserta didik dengan sering membahas perkembangan peserta didik diluar sekolah melalui grup whatsapp (3) bagi orang tua peserta didik hendaknya turut andil dalam program yang dibuat sekolah seperti program santunan anak yatim agar komunikasi dengan sekolah terjalin dengan baik. Orang tua hendaknya juga memantau peserta didik pada saat pembelajaran daring di rumah agar peserta didik tidak bermain saja (4) bagi peneliti lain agar hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi kajian pertimbangan dan masukan bagi peneliti lain sebagai acuan dalam melakukan penyusunan skripsi atau karya tulis lainnya serta dapat melanjutkan penelitian yang belum tergali dalam komunikasi sekolah dengan masyarakat dalam membentuk kedisiplinan dan prestasi hasil belajar peserta didik atau dengan topik penelitian yang lebih baik lagi kedepannya. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pembanding dan memperkaya temuan komunikasi sekolah dengan masyarakat yang dapat membentuk kedisiplinan dan prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S1 Administrasi Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 06 Sep 2022 04:29
Last Modified: 19 Dec 2022 08:40
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/265705

Actions (login required)

View Item View Item